Breaking News:

Ini 3 Manfaat Konsumsi Ikan Lele, Kaya Manfaat Bisa Menurunkan Berat Badan & Perbaiki Jaringan Otot

Selain rendah kalori dan sodium, ikan lele juga dikemas dengan protein, lemak sehat, vitamin, dan mineral

Editor: Samsul Arifin
TRIBUNMADURA.COM/FIRMAN RACHMANUDIN
Ilustrasi budidaya ikan lele, Rabu (20/10/2021). 

TRIBUNMADURA.COM – Bagi penggemar Ikan lele ada kabar baik untukmu. Ikan lele menyediakan kalori, lemak, protein, natrium, vitamin B12, selenium, fosfor, tiamin, kalium, kolesterol, asam lemak omega-3, dan asam lemak omega-6.

Selain rendah kalori dan sodium, ikan lele juga dikemas dengan protein, lemak sehat, vitamin, dan mineral.

Dilansir dari Kompas.com, manfaat ikan lele Mengingat kandungan ikan lele yang kaya akan berbagai nutrisi, berikut adalah manfaat ikan lele untuk kesehatan, sebagaimana dilansir dari Healthline:

1. Ikan lele mengandung protein tanpa lemak

Sebanyak 100 gram ikan lele menyediakan 32-39 persen kebutuhan protein harian dalam 105 kalori.

Sebagai perbandingan, porsi sama ikan salmon menyediakan setengah dari kebutuhan protein harian namun dengan lebih dari 230 kalori.

Baca juga: Kreasi Aneka Olahan Makanan Tradisional Sumenep Berbahan Dasar Buah Srikaya, Nikmat dan Gampang

Sumber protein padat nutrisi seperti ikan lele dapat membantu penurunan berat badan dan meningkatkan perasaan kenyang. Selain itu, protein juga bertanggung jawab untuk membangun dan memperbaiki jaringan dan otot serta berfungsi sebagai blok bangunan untuk banyak hormon, enzim, dan molekul lain.

2. Ikan lele mengandung asam lemak omega-3

Asam lemak omega-3 yang terkandung dalam lele memiliki peran penting dalam mendukung kesehatan otak. Meski penelitian lebih lanjut masih dibutuhkan, omega-3 bahkan dapat membantu mengatasi kondisi neurologis dan mental, termasuk kehilangan memori.

Terlebih lagi, omega-3 dikaitkan dengan peningkatan kekuatan otot rangka, kesehatan jantung, dan bahkan bakteri baik di usus. Mengingat tubuh tidak dapat memproduksi omega-3 sendiri, penting untuk mendapatkannya melalui makanan, salah satunya adalah ikan lele.

3. Ikan lele merupakan sumber vitamin B12 yang baik

Sebanyak 100 gram ikan lele menawarkan hingga 121 persen dari kebutuhan harian. Meski beberapa ikan kaya akan kandungan ini, lele adalah sumber yang sangat luar biasa.

Tingkat vitamin B12 yang memadai terkait dengan beberapa manfaat kesehatan, seperti peningkatan kesehatan mental, perlindungan dari penyakit jantung, dan pencegahan serta pengobatan anemia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Manfaat Ikan Lele, Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan"

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved