Breaking News:

Berita Pamekasan

Ini Usulan Ketua Satgas Covid-19 RSUD SMART Pamekasan Agar Vaksinasi Segera Capai 70 Persen

Ketua Tim Satgas Penanggulangan Covid-19 RSUD Smart Pamekasan, Syaiful Hidayat menyarankan, masyarakat dalam proses vaksinasi tidak usah dipaksa

Penulis: Kuswanto Ferdian | Editor: Samsul Arifin
ISTIMEWA/TRIBUNMADURA.COM
Suasana vaksinasi di Pamekasan. 

Laporan Wartawan TribunMadura.com, Kuswanto Ferdian 

TRIBUNMADURA.COM, PAMEKASAN - Berbagai upaya telah dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Madura untuk mensukseskan capaian vaksinasi.

Namun, target vaksinasi 70 persen di Pamekasan masih belum tercapai hingga hari ini 

Ketua Tim Satgas Penanggulangan Covid-19 RSUD Smart Pamekasan, Syaiful Hidayat menyarankan, masyarakat dalam proses vaksinasi tidak usah dipaksa.

Namun, bisa melakukan imbauan secara persuasif melalui tokoh masyarakat untuk ikut andil mensukseskan program vaksinasi tersebut.

Selain itu, bisa juga diterapkan melalui persyaratan seperti umrah dan haji yang wajib menunjukkan kartu vaksinasi sebelum pemberangkatan.

"Seperti perpanjangan BPKB mobil dan motor itu juga bisa diterapkan wajib menunjukkan kartu vaksin," kata Syaiful Hidayat kepada TribunMadura.com, Kamis (6/1/2022).

Menurutnya, melalui berbagai kebijakan vaksinasi ini harus menjadi prasyarat wajib yang mesti sudah diterapkan.

Baca juga: Ketua Satgas RSUD SMART Pamekasan Imbau Pemkab Tugaskan Vaksinator di Minimarket dan Layanan Publik

Begitu pula, Pemkab Pamekasan juga bisa melakukan kolaborasi dengan sejumlah Perbankan untuk menerapkan wajib menunjukkan surat vaksin ketika hendak mengurus keperluan dokumen perbankan.

"Memang harus diarahkan begitu, supaya masyarakat bisa ikut kemauan pemerintah dan vaksin bisa segera mencapai 70 persen," sarannya.

Pendapat pria yang akrab disapa Yayak ini, dalam menangani pandemi Covid-19, merupakan kewajiban bersama, bukan hanya tugas dokter, nakes, dinas kesehatan dan Pemkab Pamekasan saja yang mencegah penyebarannya.

Melainkan, seluruh masyarakat Pamekasan punya andil menangani dengan cara ikut mensukseskan program vaksinasi ini.

Karena melalui vaksinasi, bisa mengurangi gejala bila terpapar Covid-18.

"Sekalipun kena Covid-19 maka gejalanya akan kecil. Tokoh masyarakat juga punya andil, Kepala Desa, RT, RW bisa ikut andil memasifkan vaksinasi ini supaya segera tercapai Herd Immunity (kekebalan kelompok)," harapnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved