Berita Bangkalan

Sandiaga Uno Dukung Penuh Pembangunan IISP di Kaki Jembatan Suramadu sisi Madura, Begini Katanya

Pembangunan Indonesia Islamic Science Park dinilai sebagai satu di antara komponen pengembangan wisata berbasis halal di Kabupaten Bangkalan.

TRIBUNMADURA.COM/AHMAD FAISOL
Menteri Parekraf Sandiaga Uno bersama Bupati Bangkalan, R Abdul Latif Amin Imron dan Rektor Universitas Trunojoyo Madura, Muh Syarif dalam kesempatan Silaturahmi dan Pengarahan bertemakan Pengembangan Wisata Halal di Lantai 10 Gedung Rektorat UTM, Jumat (1/4/2022). 

TRIBUNMADURA.COM, BANGKALAN – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mendukung penuh terwujudnya rencana pembangunan Indonesia Islamic Science Park (IISP) di Kawasan Kaki Jembatan Suramadu sisi Madura (KKJSM).

Pembangunan Indonesia Islamic Science Park dinilai sebagai satu di antara komponen pengembangan wisata berbasis halal di Kabupaten Bangkalan.

Hal itu disampaikan Sandiaga Uno di hadapan Bupati Bangkalan, R Abdul Latif Amin Imron (Ra Latif) dan Rektor Universitas Trunojoyo Madura (UTM), Muh Syarif dalam kesempatan Silaturahmi dan Pengarahan bertemakan Pengembangan Wisata Halal di Lantai 10 Gedung Rektorat UTM, Jumat (1/4/2022).

“Saya akan mendukung penuh pengembangan IISP dan juga beberapa destinasi yang akan di-branding," kata dia.

"Kami yakin pariwisata halal tidak hanya akan membangkitkan ekonomi Bangkalan tetapi juga Madura Raya,” ungkapnya.

Pembangunan IISP di KKJSM merupakan usulan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar yang menjadi bagian dari rencana strategis nasional dalam upaya Percepatan Pembangunan Ekonomi di Pulau Madura. Seperti yang tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 80 Tahun 2019.

Diproyeksikan, pembangunan akan menelan biaya sebesar Rp 3 triliun dengan konsep pendanaan KPBU. IISP disiapkan sebagai pusat edukasi keilmuan Islam dengan dukungan infrastruktur terpadu, wisata, serta kelak mampu menjadi pusat keuangan syariah dunia.

Sandiaga Uno menjelaskan, Kabupaten Bangkalan bisa menjadi basis pengembangan konsep wisata halal. Diawali dengan menghadirkan event-event seperti International Islamic Conference in Halal Tourism dengan UTM sebagai host.

Sehingga ke depan, Kabupaten Bangkalan bisa dikembangkan sebagai tourism hub atau pusat wisata Indonesia seperti yang telah dikembangkan di beberapa daerah seperti Lombok, NTB dan Sumatera Barat.

Apalagi sub sektor ekonomi kreatif di Kabupaten Bangkalan terutama kulinernya sudah juara.

“Jadi itu secara konkrit yang akan kita hadirkan agar Kabupaten Bangkalan dan Madura Raya berkembang sebagai hub pariwisata berbasis halal," ucapnya.

"Harapannya, bisa membuka lapangan kerja seluas-luasnya untuk anak-anak muda kita,” jelasnya,

Namun untuk menjadi kawasan tourism hub, lanjut Sandiaga Uno, dibutuhkan komponen pendukung berbasis halal seperti halal tourism, halal hotel, halal transport, halal food, hingga halal food and packages.

“Bangkalan bisa di-branding, tinggal di sisi mana pariwisata alamnya yang bisa di-branding. Saya ingin berkoordinasi dengan Pak Bupati dan Pak Rektor untuk menyusun kebijakan tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu dalam pengembangan pariwisata halal. Sehingga menjadi tatanan ekonomi baru kita setelah pandemi,” pungkasnya.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved