Pemprov Jatim Buka 54 Posko THR di Sejumlah Titik, Gubernur Khofifah Harap Perusahaan Taat Aturan

Gubernur Khofifah juga menyampaikan bahwa guna mengawal kebijakan ini, Pemprov Jatim saat ini membuka sebanyak 54 Posko THR

Penulis: Fatimatuz Zahroh | Editor: Samsul Arifin
ISTIMEWA/TRIBUNMADURA.COM
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyisir sektor industri di PT Ecco Indonesia di Sidoarjo guna memastikan THR Pekerja cair dengan besaran penuh dan maksimal cair H-7 lebaran, Selasa (12/4/2022). 

TRIBUNMADURA.COM, SIDOARJO - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa terus menyisir perusahaan padat karya guna memastikan bahwa THR Keagamaan para pekerja bisa cair penuh dan tepat waktu sesuai aturan. 

Untuk itu, siang ini, Selasa (11/4/2022), Gubernur Khofifah menyapa para pekerja di PT Ecco Indonesia  di Kabupaten Sidoarjo guna memastikan perusahaan di Jatim memiliki komitmen yang sama dalam pemberian THR

Tidak hanya itu, di kesempatan yang sama, Gubernur Khofifah juga menyampaikan bahwa guna mengawal kebijakan ini, Pemprov Jatim saat ini membuka sebanyak 54 Posko THR

Rincinya, pertama, posko itu dibuka di Kantor Disnakertras Jatim Jalan Dukuh Menanggal Surabaya. Kemudian 15 posko di BLK Disnakertras Jatim yang ada di Sumenep, Jember, Singosari, Wonojati, Kediri, Tulungagung, Mojokerto, Jombang, Nganjuk, Madiun, Ponorogo, Bojonegoro, Tuban, Pasuruan, Situbondo. Kemudian posko juga dibuka di 38 kantor Disnaker Kabupaten Kota Se Jatim. 

"Jadi totalnya ada 54 Posko THR Keagamaan yang kita buka. Yang fungsinya memberikan fasilitas layanan pengaduan, jika ada perusahaan yang tidak taat regulasi, terlambat membayarkan THR, atau ada masalah-masalah di lapangan. Jadi silahkan melapor di posko yang tersedia," tegas Khofifah. 

Baca juga: Sebelum Mudik, Gubernur Jatim Khofifah Minta Warga Segera Vaksin Booster, Stok Tersedia 1 Juta Dosis

Sebab ia memastikan bahwa sesuai SE Kemenaker maupun SE Gubernur Jatim terkait THR, ada sanksi yang akan dikenakan pada mereka yang tidak memenuhi aturan pemberian THR Keagamaan. 
 
Lebih lanjut Khofifah menegaskan bahwa sesuai aturan THR Keagamaan Tahun 2022, THR harus dicairkan dengan besaran penuh dan maksimal diberikan H-7 lebaran. 

Bahkan imbauan itu tak hanya untuk pabrik Ecco, tapi semua perusahaan di Jatim, agar membayarkan hak karyawan untuk THR Keagamaan tahun 2022 dengan besaran penuh dan tepat waktu. 

"Selain Surat Edaran Menaker juga telah terbit Serat Edaran Gubernur Jawa Timur agar THR Idul Fitri 2022 diberikan penuh besarannya, dan tepat waktu. Cairnya maksimal H-7 sebelum Idul Fitri 1443 H. Mari dikawal bersama-sama agar hak karyawan bisa terpenuhi, dan bisa membantu menambah kebahagiaan menyambut hari raya," tegas Khofifah

Ditegaskan mantan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Menteri Sosil itu, kesejahteraan karyawan menjadi salah satu tolok ukur bahwa dualitas ekonomi dan kesehatan di Jatim kini mulai bangkit.

"Kondisi saat ini pandemi di Jatim sangat terkendali. Maka pencairan THR tahun ini adalah salah satu wujud nyata bagaimana ekonomi jalan dan  kesehatan terlindungi, keberseiringan antara dualitas ekonomi dan kesehatan ini menandakan Jatim mulai bangkit dari Covid-19," ujarnya.

Di sisi lain, saat Gubernur Khofifah bersapa dengan pekerja, ia juga mengingatkan tentang pentingnya vaksin booster. Ia meminta pekerja yang belum vaksin segera pro aktif mendatangi fasyankes guna mendapatkan vaksinasi booster. 

Menurutnya ini penting guna memberi upaya perlindungan masyarakat dalam kegiatan mudik lebaran 1443 H. Terlebih vaksinasi booster juga menjadi hal yang disyaratkan oleh pemerintah dalam pelaksanaan mudik lebaran tahun ini. 

"Beberapa minggu lagi akan memasuki Hari Raya Idul Fitri. Menjelang lebaran, saya mengimbau sekaligus mengajak para karyawan pabrik untuk mendapatkan vaksinasi booster. Booster ini diharapkan untuk karyawan dan keluarganya," tegas Khofifah

 

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved