Berita Sumenep

Gubernur Khofifah Merasa Bangga saat Berkunjung ke Wisata Desa Keris Sumenep, Gencarkan Promosi

Apalagi, Desa Wisata Keris ini telah masuk proses penilaian 50 besar pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2022

Penulis: Yusron Naufal Putra | Editor: Samsul Arifin
Istimewa/TribunMadura.com
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat mengunjungi desa wisata Aeng Tong-Tong Sumenep 

TRIBUNMADURA.COM, SURABAYA - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyampaikan kebanggaan pada Desa Aeng Tong-Tong sebagai daerah sentra keris yang memiliki Mpu atau pembuat benda pusaka terbanyak di dunia. 

Apalagi, Desa Wisata Keris ini telah masuk proses penilaian 50 besar pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2022 yang digelar Kemenparekraf. 

"Kita patut bangga atas pencapaian yang telah dilakukan sehingga keberadaan Desa Aeng Tong Tong ini bisa membuat Sumenep diakui oleh UNESCO," kata Khofifah yang mengunjungi kawasan setempat, Rabu (22/6/2022). 

Di desa yang berada di Kecamatan Saronggi ini, setidaknya terdapat 640 Mpu dan kualitas mereka bahkan sudah diakui dunia. Khofifah pun menegaskan komitmen untuk terus membantu dan menggencarkan promosi melalui peningkatan fasilitas. 

Harapannya, desa wisata keris menjadi ikon baru desa wisata di Kabupaten Sumenep. Terutama berkat filosofi sejarah yang menjadi modal unggulan keberadaan Kampung Keris agar bisa semakin mendunia. Keris merupakan pusaka warisan budaya bangsa. 

Baca juga: Khofifah, Ganjar Hingga Anies Baswedan, ada Lima Nama yang Resmi Diusulkan NasDem Jatim

Kumpulan Berita Lainnya seputar Sumenep

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunMadura.com

"Saya ingin memberikan support karena desa ini memiliki keunggulan kompetitif dan komparatif. Ditambah kekayaan budaya adiluhung, dan filosofi nilai sejarah dari kerajaan-kerajaan yang ada di Sumenep," tambahnya. 

Dalam rangka menggencarkan promosi menjadi desa wisata, Khofifah bakal menugaskan Disbudpar Jatim bersama para Mpu untuk membuat desa keris tersebut semakin dikenal dan mudah diakses wisatawan. 

"Kita berharap para Mpu bisa mengidentifikasi nilai yang harus dikuatkan untuk menjadikan Desa Wisata Keris ini menjadi besar," ucapnya. 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved