Berita Pamekasan

Tangis Haru Keluarga WBP usai 3 Tahun tak Bertemu Keluarga, Kunjungan Tatap Muka Dibuka Kembali

Bagaimana tidak, hari ini merupakan hari pertama layanan kunjungan secara tatap muka kembali dibuka setelah selama kurang lebih 3 tahun

Penulis: Kuswanto Ferdian | Editor: Samsul Arifin
Istimewa/TribunMadura.com
Suasana saat salah satu keluarga WBP menangis di Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan, Madura, Selasa (12/7/2022). 

Laporan Wartawan TribunMadura.com, Kuswanto Ferdian 


TRIBUNMADURA.COM, PAMEKASAN - Suasana haru bercampur suka cita sangat dirasakan oleh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang dikunjungi keluarganya.


Bagaimana tidak, hari ini merupakan hari pertama layanan kunjungan secara tatap muka kembali dibuka setelah selama kurang lebih 3 tahun.


Sebelumnya, WBP tidak dapat bertemu dengan keluarganya secara langsung akibat mewabahnya pandemi Covid-19.


Dibukanya kembali layanan kunjungan secara tatap muka yang dilakukan secara serentak oleh Lapas/rutan yang ada di seluruh Indonesia ini merupakan tindak lanjut dari perintah Direktur Jenderal Pemasyarakatan yang tertuang dalam Surat Edaran Nomor PAS-12.HH.01.02 tahun 2022 tentang Penyesuaian Mekanisme Terhadap Layanan Kunjungan Secara Tatap Muka dan Pembinaan yang Melibatkan Pihak Luar.


Kalapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan, Yan Rusmanto menyampaikan, telah dibukanya layanan kunjungan secara tatap muka ini, merupakan suatu anugerah bagi para WBP karena dirasa sudah cukup lama tidak bisa berjumpa secara langsung dengan keluarga.


"Alhamdulillah layanan kunjungan tatap muka ini kembali dibuka, mengingat telah menurunnya angka kasus Covid-19 di beberapa daerah di Indonesia," kata Yan Rusmanto, Selasa (12/7/2022).


Menurut dia, layanan kunjungan secara tatap muka ini terdapat beberapa syarat dan ketentuan yang berlaku dan wajib dilaksanakan bagi para pengunjung keluarga WBP sesuai surat edaran Ditjenpas.


Pihaknya kepada pengunjung keluarga WBP agar mematuhi terkait syarat dan mekanisme layanan kunjungan tatap muka tersebut.


Di antaranya, pengunjung harus dan sudah melakukan vaksin booster atau dapat menunjukkan bukti hasil antigen/swab negatif kepada petugas serta untuk waktu kunjungan. 

Baca juga: Sediakan 3 Sapi, Narapidana Lapas Narkotika Pamekasan Bakal Dapat Jatah Daging Kurban

Kumpulan Berita Lainnya seputar Pamekasan

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunMadura.com


"Sekarang waktu kunjungan masih kita batasi 30 menit dan cuma sekali seminggu. Tapi bisa saja kembali normal seperti dulu jika situasi terus membaik," tegasnya.


Sementara itu, Suci Agustina, salah satu pengunjung tak kuasa meneteskan air matanya saat bertemu dengan suaminya yang sedang menjalani masa pidananya.


Warga Dusun Bandar, Bandar Kedungmulyo, Jombang saat tiba di ruang kunjungan Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan tampak menyeka air matanya 


"Alhamdulillah akhirnya bisa bertemu lagi dengan suami saya," syukurnya.


Ia juga menyampaikan, terima kasih terhadap Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan yang telah membuka kembali kunjungan tatap muka ini.


Cerita dia, selama ini dirinya hanya menitipkan atau mengirim paketan makanan melalui jasa ekspedisi karena tidak ada kunjungan.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved