Bacaan Doa

Inilah Amalan Sunnah di Hari Jumat Khusus Pria, Membaca Shalawat hingga 2 Surah Ini

Khusus bagi pria ini 6 amalan sunnah di hari Jumat, eperti meningkatkan membaca shalawat untuk Nabi Muhammad SAW dan membaca surah

Editor: Samsul Arifin
Freepik.com
ada 6 amalan sunnah di hari jumat 

TRIBUNMADURA.COM - Inilah 6 Amalan sunnah di Hari Jumat khususnya bagi pria.

Khusus bagi pria ini 6 amalan sunnah di hari Jumat, Umat Islam dapat melakukan amalan sunnah seperti meningkatkan membaca shalawat untuk Nabi Muhammad, membaca Al Kahfi, dan As Sajadah.

Selain itu, umat Islam juga perlu mengingat kiamat yang akan terjadi pada hari Jumat, sehingga dianjurkan lebih mendekatkan diri kepada Allah.

Selain itu, ada banyak amalan sunah lain pada hari Jumat.

Simak daftar amalan sunah di bawah ini.

1. Membaca surat Al Kahfi

Surat Al Kahfi adalah bacaan yang sunah dibaca pada malam Jumat dan hari Jumat.

Dari Abu Said Al Khudri radhiyallohu anhu berkata, “Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi di malam Jumat niscaya Allah akan meneranginya dengan cahaya antara dia dengan Ka’bah” (Riwayat Darimi)

Keterangan: Sanad riwayat ini shohih mauquf dari perkataan Abu Said Al Khudri radhiyallohu anhu akan tetapi hukumnya marfu’ (sampai kepada Rasulullah shallallohu alaihi wasallam) karena pengabaran hal yang ghoib seperti ini tidak mungkin hanya berdasarkan pendapat pribadi para sahabat. Wallohu A’lam.

Baca juga: Ada 4 Bacaan Doa Iftitah Versi Pendek yang Diajarkan Nabi Muhammad SAW Setelah Takbir saat Salat

Beberapa riwayat hadits menyebutkan kata hari Jumat.

Diantara fiqh hadits disebutkan keutamaan Al Kahfi adalah akan diganjar oleh Allah Azza wa Jalla berupa cahaya, dikutip dari MTS YPKP SENTANI.

2. Membaca surat As Sajadah

Pada hari jumat, umat Islam disunahkan membaca surat As Sajadah di rakaat pertama dan Al Insan di rakaat kedua pada saat sholat shubuh

"Dari Abu Hurairah radhiyallohu anhu bahwa Nabi Muhammad shallallohu alaihi wasallam membaca pada shalat shubuh di hari Jumat Alif Laam Miim Tanzil (surat As Sajdah) di rakaat pertama dan Hal Ataa ‘alal Insan Hiinun Min Ad Dahr Lam Yakun Syaian Madzkuura (surat Al Insan)." (HR. Bukhari dan Muslim)

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved