Berita Madura

Ada 2 Desa di Bangkalan Belum Membentuk Panitia Pilkades, Dinas PMD Perpanjang Masa P2KD

kedua desa tersebut yakni Desa Tanjung Bumi, Kecamatan Tanjung Bumi dan Desa Tanah Merah Laok, Kecamatan Tanah Merah.

Penulis: Ahmad Faisol | Editor: Samsul Arifin
net via TribunJogja.com
ilustrasi Pilkades - Ada 2 desa di Bangkalan yang belum membentuk panitia Pilkades 

TRIBUNMADURA.COM, BANGKALAN – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Bangkalan akhirnya memperpanjang masa pembentukan Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD) terhitung 1 Oktober hingga 15 hari ke depan. Itu setelah dua desa hingga saat ini belum membentuk P2KD.

Kepala Bidang Pemerintahan Desa (Pemdes) Dinas PMD Kabupaten Bangkalan, Hardiansyah mengungkapkan, kedua desa tersebut yakni Desa Tanjung Bumi, Kecamatan Tanjung Bumi dan Desa Tanah Merah Laok, Kecamatan Tanah Merah.

“Dari total 149 desa peserta Pilkades Serentak Tahap II 2023, sejumlah 147 desa telah membentuk P2KD. Sebetulnya tidak ada masalah serius di kedua desa tersebut,” ungkap Hardiansyah kepada Surya, Kamis (6/10/2022).

Ia menjelaskan, tersendatnya pembentukan P2KD di Desa Tanjung Bumi dikarenakan para tokoh desa setempat bersepakat untuk menunggu pejabat sementara (Pj) atas kekosongan jabatan Kades Tanjung Bumi.

“Informasi dari pak camat seperti itu. (Kades) kan kena kasus dugaan korupsi, jadi ada kekosongan jabatan kades. Sementara desa lain para kadesnya ada sehingga mereka langsung membentuk,” jelasnya.   

Seperti diketahui, Kejari Bangkalan menetapkan kades aktif Desa Tanjung Bumi berinisial MR atas kasus dugaan korupsi penyalahgunaan Dana Desa atau APBDes Tahun Anggaran 2021. Selain MR, pihak kejari juga menetapkan Camat Tanjung Bumi berinisial AA.

Tim Penyidik Kejari Bangkalan merilis, ada sejumlah tujuh titik pekerjaan pengaspalan dengan pembiayaan yang bersumber dari Dana Desa. Sejumlah 4 pekerjaan di antaranya dilaksanakan pada tahun 2022 dan sejumlah 3 pekerjaan lainnya dilakukan pada tahun 2021. Ditemukan kerugian negara senilai Rp 300 juta.

“Untuk saat jabatan Camat Tanjung Bumi diisi seorang Pj. Ada sepuluh desa di Kecamatan Tanjung Bumi yang ikut Pilkades Serentak Tahap II tahun 2023, sembilan desa diantaranya telah membentuk P2KD,” paparnya.

Handiansyah memparkan, saat ini tengah memasuki masa perpanjangan 15 hari pertama terkait pembentukan P2KD. Apabila masih belum terbentuk, Dinas PMD Kabupaten Bangkalan masih memberikan toleransi melalui masa perpanjangan kedua yang akan difasilitasi oleh Tim Fasilitasi Pemilihan Kepala Desa (TFPKD).

Baca juga: Berita Madura Terpopuler Hari Ini 6 Oktober 2022, Residivis di Bangkalan Curi Motor Ngaku Tes Drive

Informasi lengkap dan menarik lainnya Berita Madura dan Berita Bangkalan hanya di GoogleNews TribunMadura.com

Setelah semua P2KD terbentuk, lanjutnya, tahapan berikutnya adalah pendaftaran calon. Tetapi jadwal pendaftaran calon belum keluar. Itu dikarenakan TFPKD menginginkan semua P2KD terbentuk terlebih dahulu sebelum mengeluarkan jadwal pendaftaran calon.

“Kapan kepastian hari H pelaksanaan pilkades, itu menjadi hak prerogatif Pak Bupati,” pungkasnya.

Data yang dihimpun Surya dari Dinas PMD Kabupaten Bangkalan, 149 desa peserta Pilkades Serentak Tahap II Tahun 2023 itu tersebar di 17 kecamatan. Dengan rincian 5 desa di kecamatan Socah, 7 desa di Kecamatan Kamal, 3 desa di Kecamatan Burneh, 16 desa di Kecamatan Arosbaya, 10 desa di Kecamatan Geger, 10 desa di Kecamatan Klampis.

Selanjutnya, 10 desa di Kecamatan Tanjung Bumi, 7 desa di Kecamatan Sepulu, 10 desa di Kecamatan Kokop, 15 desa di Kecamatan Blega, 7 desa di Kecamatan Konang, 11 desa di Kecamatan Galis, 7 desa di Kecamatan Modung, 7 desa di Kecamatan Kwanyar, 4 desa di Kecamatan Labang, 10 desa di Kecamatan Tragah, dan 10 desa di Kecamatan Tanah Merah

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved