Berita Madura

DPMD Pamekasan Dorong Pemdes Temukan Potensi Desa, Ini Strategi yang Dilakukan

Kepala DPMD Pamekasan, Fathorrohman mengungkapkan, pihaknya senantiasa melakukan pembinaan kepada pemerintah desa (pemdes) untuk menggali potensinya.

Penulis: Kuswanto Ferdian | Editor: Samsul Arifin
TribunMadura.com/Kuswanto Ferdian
Desa Kertagena Daya, Kabupaten Pamekasan yang mengembangkan desa wisata Bukti Kehi. 

Laporan Wartawan TribunMadura.com, Kuswanto Ferdian 

TRIBUNMADURA.COM, PAMEKASAN - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Pamekasan, Madura, mendorong semua desa agar mampu menemukan potensi desanya sebagai kekuatan ekonomi baru masyarakat.

Kepala DPMD Pamekasan, Fathorrohman mengungkapkan, pihaknya senantiasa melakukan pembinaan kepada pemerintah desa (pemdes) untuk menggali potensinya. 

Hal itu sebagai wujud komitmen Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam dalam meningkatkan ekonomi masyarakat dari bawah, merata, berkeadilan dengan strategi desa tematik.

"Kami selalu memberikan pendampingan kepada desa agar keinginan bapak bupati setiap desa punya tema masing-masing benar benar terwujud," kata Fathorrohman, Kamis (20/10/2022).

Menurutnya, pemdes melalui dana desa dapat melakukan pengembangan sumber daya manusia (SDM) dan sumber daya alam (SDM) untuk kemajuan desa. 

Tidak sebatas untuk pembangunan infrastruktur, seperti jalan, plengsengan, saluran air, dan lain-lain.

"Sehingga nanti ada desa wisata, desa UMKM, dan lain-lain. Bisa saja seperti Desa Kertagena Tengah nantinya menjadi desa teknologi tepat guna (TTP), ini merupakan keinginan bapak bupati untuk membangun kesejahteraan masyarakat," inginnya.

Seperti yang dilakukan, Agus Salim (21), warga Desa Kertagena Tengah, Kecamatan Kadur yang mampu menciptakan pom mini cerdas yang berhasil menyabet juara 1 tingkat Provinsi Jawa Timur, dan juara harapan 1 tingkat nasional. 

Jika ingin membeli bahan bakar minyak (BBM) dalam pom mini cerdas ini, pembeli cukup memasukkan uang layaknya mesin ATM.

Baca juga: Pom Mini Cerdas Karya Anak Pamekasan Raih Juara Tingkat Nasional, Pembelian Seperti di ATM

Informasi lengkap dan menarik lainnya Berita Madura dan Berita Pamekasan hanya di GoogleNews TribunMadura.com

Fathorrohman melanjutkan, para anak muda lain dan masyarakat secara umum di Kabupaten Pamekasan bisa menggali potensi daerahnya untuk kesejahteraan bersama.

"Kami tentu akan memberikan pembinaan dan pendampingan bagi desa yang benar-benar berkomitmen untuk menemukan potensi desanya," pungkasnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved