Breaking News:

Berita Madura

Pom Mini Cerdas Karya Anak Pamekasan Raih Juara Tingkat Nasional, Pembelian Seperti di ATM

Pom mini cerdas karya Agus Salim (21) tersebut menjadi perwakilan Provinsi Jawa Timur untuk mengikuti kompetisi tingkat nasional. 

Penulis: Kuswanto Ferdian | Editor: Samsul Arifin
TribunMadura.com/Kuswanto Ferdian
Agus Salim (21) warga Desa Kertagena Tengah, Kecamatan Kadur, Kabupaten Pamekasan, Madura, saat menerima piagam penghargaan dari Mendes PDTT RI, Abdul Halim Iskandar, Rabu (19/10/2022). Berkat Teknologi tepat guna (TTG) berupa pom mini cerdas karya anak warga Desa Kertagena Tengah 

Laporan Wartawan TribunMadura.com, Kuswanto Ferdian 

TRIBUNMADURA.COM, PAMEKASAN - Teknologi tepat guna (TTG) berupa pom mini cerdas karya anak warga Desa Kertagena Tengah, Kecamatan Kadur, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur mampu berkompetisi di kancah nasional.

Pom mini cerdas karya Agus Salim (21) tersebut menjadi perwakilan Provinsi Jawa Timur untuk mengikuti kompetisi tingkat nasional. 

Hasilnya, ia mampu meraih juara harapan 1 setelah bersaing dengan karya teknologi tepat guna lain dari sejumlah kabupaten di Indonesia.

"Sebelumnya, pom mini cerdas karya mas Agus ini mendapat juara 1 tingkat Provinsi Jawa Timur, sehingga menjadi perwakilan untuk ikut tingkat nasional," terang Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Pamekasan, Fathorrahman, Kamis (20/10/2022).

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) RI, Abdul Halim Iskandar kepada Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam di daerah Bogor, Jawa Barat, Rabu (19/10/2022). 

Pada kesempatan itu hadir juga pembuat pom mini cerdas, Agus Salim, didampingi Kepala Desa Kertagena Tengah, M. Suto Abdurrahman, dan Camat Kadur.

"Mas Agus kemarin juga ditantang untuk membuat teknologi tepat guna lain oleh dewan juri, misalnya dalam pencairan bantuan program keluarga harapan (PKH) agar warga tidak usah jauh-jauh ke bank," ungkapnya.

Ke depan pihaknya akan memberikan pendampingan kepada Agus Salim agar bisa mengembangkan karyanya agar lebih efektif dan efesien, sehingga bisa bermanfaat untuk masyarakat yang lebih luas. 

Termasuk bantuan dana desa tidak hanya untuk pembangunan infrastruktur, tetapi juga dapat dimanfaatkan untuk pengembangan teknologi.

Baca juga: Pengakuan Siswa Pamekasan yang Naik ke Atas Genting Sekolahnya, Sadar usai Dikelilingi Macan Putih

Informasi lengkap dan menarik lainnya Berita Madura dan Berita Pamekasan hanya di GoogleNews TribunMadura.com

"Dukungan dari pemerintah daerah itu pasti, sehingga program desa tematik gagasan bapak bupati itu dapat terlaksana dengan baik. Untuk Desa Kertagena Tengah misalnya menjadi desa teknologi tepat guna," ujarnya.

Dia berharap, anak-anak muda lainnya bisa meniru jejak Agus Salim untuk mengembangkan potensinya, tidak hanya di bidang teknologi tepat guna, melainkan potensi lain yang dapat bermanfaat untuk bangsa dan negara.

Pom mini cerdas buatan Agus Salim tersebut merupakan teknologi tepat guna yang hanya cukup memasukkan uang layaknya mesin ATM untuk membeli bahan bakar minyak (BBM), baik pertalite atau pertamax. 

Pemilik tidak usah menjaga pom mininya setiap ada pembeli lantaran pembeli dapat memasukkan uang sendiri dan menekan tombol pilihan sebelum mengisi sendiri ke kendaraanya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved