Berita Sumenep

Pelabuhan Dungkek - Gili Iyang Sumenep Dibangun, Pemprov Jatim Gelontorkan Dana Sebesar Rp 60 Miliar

Pemprov Jatim menyalurkan bantuan keuangan pada Pemkab Sumenep untuk pembangunan Pelabuhan Dungkek - Gili Iyang.

Pelabuhan Dungkek - Gili Iyang Sumenep Dibangun, Pemprov Jatim Gelontorkan Dana Sebesar Rp 60 Miliar
TRIBUNMADURA.COM/FATIMATUZ ZAHROH
Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa saat penyerahan bantuan pembangunan Pelabuhan Dungkek - Gili Iyang, Sabtu (11/5/2019). 

TRIBUNMADURA.COM, SUMENEP - Pemprov Jatim menyalurkan bantuan keuangan pada Pemkab Sumenep untuk pembangunan Pelabuhan Dungkek - Gili Iyang.

Tak tanggung-tanggung, dana yang diserahkan ke Pemkab Sumenep sebagai bantuan keuangan daerah sebesar Rp 60 miliar.

Bantuan keuangan daerah ini akan menyambungkan dermaga Pelabuhan Dungkek dengan Dermaga Gili Iyang.

Jelang Pertengahan Bulan Ramadan, Penumpang Kapal ke Wilayah Kepulauan Sumenep Diprediksi Membludak

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa mengatakan, pembangunan untuk pelabuhan ini sifatnya mendesak.

Menurut Khofifah Indar Parawansa, bantuan itu diberikan untuk membangun sektor pariwisata, memberi daya dukung ekonomi perdagangan, dan pelayanan terbaik untuk warga Kabupaten Sumenep.

"Dua tahun yang lalu saat saya masih di Kementerian Sosial, saya satu perahu dengan Bupati Sumenep, pimpinan DPRD dan juga sekda, di tengah naik perahu ke Gili Iyang itu tiba-tiba mesin perahunya nggak jalan," kata Khofifah Indar Parawansa, Sabtu (11/5/2019).

"Saat kembali perahunya tidak bisa sandar karena air sudah surut jadilah kita mencari tempat yang bisa kapal merapat meski dengan nyincing-nyincing baju," sambung dia.

Khofifah Indar Parawansa menuturkan, akses untuk menuju pariwisata Gili Iyang harus didukung, terutama pada pelabuhan sebagai akses untuk transportasi.

Peredaran Uang Palsu Hantui Masyarakat Jelang Lebaran, Polres Malang Kota Siap Gelar Razia

"Jadi, sebetulnya, untuk penyiapan dermaga Dungkek nyambung ke dermaga Gili Iyang ini sudah dirancang di tahun 2018. Lalu kita ciarkan di APBD 2019, malah awalnya kita akan groundbreaking bulan Maret lalu," jelas dia,

"Tapi karena ada surat edaran agar anggaran belanja yang sifatnya hibah dan bantuan keuangan direalisasika setelah Pilpres, maka baru bulan ini kita laksanakan," tambah gubernur wanita pertama Jawa Timur ini.

Dikatakan Khofifah untuk pelabuhan ini kira-kira butuh waktu enam bulan untuk finalisasi perencanaan pelabuhan Dungkek-Gili Iyang ini.

Sementara itu, Bupati Sumenep, Abuya Busyro Karim mengaku, sangat mengapresiasi bantuan keuangan dari Khofifah Indar Parawansa tersebut.

Menurutnya, bantuan keuangan untuk Dungkek - Gili Iyang ini begitu besar dan ia optimistis anggaran ini akan mendatangkan manfaatkan besar bagi Sumenep.

"Sebelumnya Pemprov juga pernah memberikan bantuan untuk pelabuhan Gili Labak sebesar Rp 1 miliar. Kali ini ibu gubernur memberikan Rp 60 miliar ini banyak sekali, terima kasih," ucapnya.

WNA Tiongkok Terjaring Razia Satpol PP Bersama Teman Wanita, Berkilah Bareng Istri hingga Penerjemah

Penulis: Fatimatuz Zahroh
Editor: Ayu Mufidah Kartika Sari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved