Breaking News:

Rumah Politik Jatim

Ahmad Dhani Dijebloskan Penjara, Posisi Nyaleg DPR RI Terancam, Pengamat: Elektabilitasnya Hanya 4 %

Ahmad Dhani Dijebloskan Penjara, Pencalonanya maju DPR RI Terancam, Pengamat: Elektabilitasnya Hanya 4 Persen.

Kompas.com/GARRY ANDREW LOTULUNG
Ahmad Dhani saat menjalani sidang kasus dugaan ujaran kebencian di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (16/4/2018). 

TRIBUNMADURA.COM, SURABAYA - Pengamat politik Universitas Trunojoyo Madura (UTM), Mochtar W Oetomo menilai dijebloskannya musisi yang juga politisi Partai Gerindra Ahmad Dhani Prasetyo ke penjara LP Cipinang terkait kasus ujaran kebencian, tidak berdampak langsung pada elektabilitas pasangan Capres dan cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Namun, dengan Ahmad Dhani mendekam di penjara, pencalonannya sebagai Caleg DPR RI Partai Gerindra dari Dapil Jatim (Surabaya dan Sidoarjo) menjadi terancam. 

Menurut Mochtar W Oetomo, meski Ahmad Dhani mejadi salah satu simbolisasi Tim Prabowo-Sandi, publik sudah memahami bahwa Ahmad Dhani secara personal memang penuh dengan kontroversi.

"Berbeda dengan konteks pencalonan Pilpres, yang paling menentukan tetap figur Capres dan cawapresnya, bukan figur Jurkam ataupun timnya," tegasnya, saat dihubungi TribunJatim.com (Grup Tribunmadura.com), Kamis (31/1/2019).

Selain itu, di kubu Capres dan cawapres nomor urut 01 Jokowi-Makruf Amin pun juga tidak terlepas dari kontroversi.

Sehingga dijebloskannya Ahmad Dhani yang juga merupakan Caleg DPR RI Dapil Jatim I (Surabaya dan Sidoarjo) dari Partai Gerindra ini dinilai Mochtar W Oetomo tidak mempengaruhi elektabilitas masing-masing Paslon Capres-cawapres.

Karena kontroversi semacam ini bukan hanya sekali dua kali terjadi baik itu dari nomor urut 01 maupun 02.

"Kerugian secara langsung, adalah pencalegan Ahmad Dhani, tentu secara personal akan menggerus elektabilitas dia," tegasnya.

Seusai Divonis 1,5 Tahun di Jakarta, Ahmad Dhani Giliran Ditunggu Kasus Ujaran Kebencian di Surabaya

Ahmad Dhani Langsung Ditahan Usai Divonis 1,5 Tahun, Ketua MPR Nilai Ada Perlakuan Berbeda

BREAKING NEWS - #Save Vanessa Angel Korban Prostitusi Online, Barisan Emak-emak Demo Polda Jatim

Kampanye Bareng Sandiaga Uno, Putra Pendiri NU Gus Hasib: Jika Prabowo Menang, Menteri Agama dari NU

Meski popularitas Ahmad Dhani semakin naik setelah dia ditahan di LP Cipinang, Mochtar W Oetomo menilai, popularitas tersebut tidak berbanding lurus dengan elektabilitasnya yang masih rendah.

"Ahmad Dhani ini tidak linear antara popularitas dengan elektabilitasnya, terakhir Popularitas dia kan menyentuh angka 80 persen tapi elektabilitasnya masih dikisaran 3-4 persen jadi tidak linier," bebernya.

Halaman
12
Penulis: Sofyan Candra Arif Sakti
Editor: Mujib Anwar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved