Berita Surabaya

Polemik Bagasi Berbayar Pesawat, Bambang Haryo Usulkan Pemerintah Terapkan Penerbangan Low Cost

Anggota Komisi V DPR RI, Bambang Haryo, memberikan usul kepada pemerintah untuk membuat sebuah maskapai penerbangan low lost.

Polemik Bagasi Berbayar Pesawat, Bambang Haryo Usulkan Pemerintah Terapkan Penerbangan Low Cost
TRIBUNMADURA.COM/LUHUR PAMBUDI
Anggota Komisi V DPR RI, Bambang Haryo, saat ditemui di Cafe Bangi Kopitiam Jalan Walikota Mustajab, Surabaya, Kamis (31/1/2019). 

TRIBUNMADURA.COM, SURABAYA - Anggota Komisi V DPR RI, Bambang Haryo, memberikan usul kepada pemerintah untuk membuat sebuah maskapai penerbangan low cost.

Bambang Haryo menilai, maskapai penerbangan low cost merupakan solusi di tengah polemik tentang bagasi berbayar yang kini dalam proses kajian Kementerian Perhubungan hingga jangka waktu yang belum ditentukan.

Menurut Bambang Haryo, berdasarkan data jumlah pengguna moda transportasi pesawat, didominasi kalangan menengah.

Selama Januari 2019, RSUD Dr Wahidin Sudiro Husodo Kota Mojokerto Layani 172 Pasien DBD

"85 persen pengguna transportasi pesawat orang-orang pengguna maskapai low cost loh," katanya saat ditemui awak media di Cafe Bangi Kopitiam Jalan Walikota Mustajab, Surabaya, Kamis (31/1/2019).

Bambang Haryo mengatakan, jika usulan itu terealisasi dan pemerintah serius memfasilitasi, income yang bisa didapat dari penerbangan low cost ini lebih besar dibanding penerbangan economi full service.

Pemerintah bisa menutupi beban biaya yang biasanya dikenakan kepada para penumpang yang menggunakan jasa maskapai penerbangan economi full service.

POM Mini di Madiun Terbakar, Pemilik Alami Luka Bakar di Sekujur Tangan dan Punggung

Seperti harga landing fee dibuat lebih murah mengikuti penerbangan low cost dan adanya terminal khusus untuk penerbangan low cost.

"Jadi peran pemerintah di sini sangat penting, penerbangan low cost tidak jadi satu dengan economi full service," lanjutnya.

Bambang Haryo mengaku, usulannya itu didasari oleh sistem pembayaran yang diterapkan oleh maskapai penerbangan di negara-negara lain, seperti Inggris.

Tips Cegah Penyakit Demam Berdarah Dengue, Jangan Biasakan Gantung Baju Bekas Pakai

Di sana, lanjut pengusaha Kapal Ferry itu, biaya bagasi dan tiket penerbangan yang dibebankan ke calon penumpang, sehingga harganya tidak lebih besar dari biaya penerbangan economi full service.

"Biaya soal bagasi dan lain-lain, tidak lebih dari sepertiga harga economi full service. Makanya pemerintah harus segera buat terminal khusus low cost," tandasnya.

PLN Area Pamekasan Pastikan Alat Penghemat Listrik yang Beredar di Masyarakat hanya Tipuan Belaka

Penulis: Luhur Pambudi
Editor: Ayu Mufidah Kartika Sari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved