Breaking News:

Antisipasi Virus Corona di Madura

RSUD Dr Muhammad Zyn Sampang Jadi Rumah Sakit Rujukan Covid-19, Sudah Ada 3649 ODR dan 120 ODP

RSUD dr Muhammad Zyn Kabupaten Sampang, Madura saat ini menjadi rumah sakit rujukan Covid-19 setelah menerima Surat Keterangan dari Pemeprov Jatim.

TRIBUNMADURA.COM/HANGGARA PRATAMA
RSUD dr Muhammad Zyn Jalan Rajawali Kecamatan Sampang, Kabupaten Sampang, Madura, Rabu (1/4/2020). 

Laporan Wartawan TribunMadura.com, Hanggara Pratama

TRIBUNMADURA.COM, SAMPANG - RSUD dr Muhammad Zyn Kabupaten Sampang, Madura saat ini menjadi rumah sakit rujukan Covid-19 setelah menerima Surat Keterangan (SK) dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur pertanggal 27 Maret 2020.

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sampang Agus Mulyadi mengatakan, saat ini hampir semua rumah sakit daerah di Provinsi Jawa Timur menjadi rumah sakit rujukan.

Nasib Belasan Bank di Sepanjang Jalan Raya Darmo yang Ditutup Dua Minggu untuk Physical Distancing

Polres Pamekasan Kembalikan Kendaraan Hasil Razia, Ini Syarat yang Harus Dilengkapi untuk Mengambil

Dukung Kebijakan PSSI, Pemain dan Tim Pelatih Terima Gaji 25 Persen Selama Jeda Kompetisi

Disebutkan, sebelumnya terdapat 44 RSUD yang menjadi rumah sakit rujukan namun, saat meningkat menjadi 75 rumah sakit, rujukan se Jawa Timur, termasuk Kabupaten Sampang.

"Mau tidak mau kita harus siap menjadikan RSUD dr Muhammad Zyn sebuah rumah sakit rujukan, sehingga langkah-langkah kita saat ini menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan," ujarnya kepada TribunMadura.com, Rabu (1/4/2020).

Dijelaskan, untuk saat ini pihaknya sudah menyiapkan tenaga medis dan ruangannya, termasuk juga sudah menyiapkan ruang isolasi yang terletak di gedung Balai Latihan Kerja (BLK) Sampang dan di RSUD.

Dua ruang isolasi tersebut rencananya akan dibagi menjadi dua katagori di antaranya, ruang isolasi di BLK khusus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) ringan.

Sedangkan untuk ruang isolasi di RSUD dr Muhammad Zyn untuk Pasien Dalam Pengawasan ( PDP ) sedang.

"Dari sisi standart saya pikir RSUD Sampang sudah memadai sebab, memiliki dokter spesialis paru, tenaga medis lainnya, serta alat penunjang lainnya seperti labolatorium dan alat ronsen," terang Agus Mulyadi.

Lebih lanjut, Pria berkaca mata itu menegaskan bahwa RSUD dr Muhammad Zyn merupakan rumah sakit rujukan bagi Pasien Dalam Pengawasan ( PDP ) ringan dan sedang.

Hari Ini Jalan Raya Darmo dan Tunjungan Ditutup, Polda Jatim Pastikan Layanan Bank Tetap Buka

Setelah Sempat 2 Kali Ditolak Warga Lampung, Jenazah Pasien Corona Akhirnya Dimakamkan

Puluhan Santri Asal Pamekasan Apresiasi Kerja Cepat Tim Satgas Covid-19 Terkait Penanganan Corona

"Untuk PDP berat tetap kami rujuk ke Rumah Sakit Dr Soetomo Surabaya," tegasnya.

Untuk diketahui, hingga saat ini di Kabupaten Sampang, Madura tidak ada masyarakat yang masuk ke dalam PDP, apalagi positif.

Ditinjau dari halaman resmi Kabupaten Sampang, data update Covid-19 di Sampang pertanggal 31 Maret 2020 adalah, 3649 Orang Dalam Resiko ( ODR ) dan 120 Orang Dalam Pemantauan ( ODP ).

Penulis: Hanggara Pratama
Editor: Elma Gloria Stevani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved