Virus Corona di Bangkalan

Relawan G25 Madura Bagikan 3.000 Masker dan 1 Ton Beras untuk Warga Terdampak Covid-19 di Bangkalan

Relawan G25 Madura melakukan survei di sejumlah titik beberapa hari sebelum mendistribusikan beras kepada para penerima manfaat.

Penulis: Ahmad Faisol | Editor: Elma Gloria Stevani
TRIBUNMADURA.COM/AHMAD FAISOL
Sejumlah abang becak yang biasa mangkal di depan Stadion Gelora Bangkalan tidak menduga akan mendapatkan bantuan beras di tengah menurunnya penghasilan akibat wabah Covid-19, Kamis (16/4/2020) 

TRIBUNMADURA.COM, BANGKALAN - Donasi terbuka di tengah wabah Virus Corona ( Covid-19 ) yang digalang Relawan Sosial Gerakan 25 Madura mengumpulkan sebanyak 3.000 buah masker dan satu ton lebih beras.

Beras dikemas menjadi 250 paket, masing-masing seberat 5 kilogram.

Sasaran penerima manfaat adalah para abang becak, sopir angkutan, ojek online, dan para pedagang asongan.

Pembagian beras diawali di halaman Stadion Gelora Bangkalan kepada lima abang becak, Kamis (16/4/2020).

"Dan kami memutuskan untuk melangkah. Daripada menunggu dan saling menghujat. Sekecil apapun kita harus melakukan sesuatu," ungkap Ketua Relawan Sosial G25 Madura Dasuki Rahmat.

Imbas Corona di Sampang Madura, Ratusan Karyawan Hotel Dirumahkan

Warga Sumenep Meninggal Saat Perjalanan Pulang dari Tangerang, Polisi: Belum Ada Indikasi Covid-19

Begini Aturan PSBB di Kota Malang Jika Disetujui Menkes & Gubernur, Sutiaji: Penerapannya Fleksibel

Sejumlah abang becak yang biasa mangkal di depan Stadion Gelora Bangkalan tidak menduga akan mendapatkan bantuan beras di tengah menurunnya penghasilan akibat wabah Covid-19, Kamis (16/4/2020)
Sejumlah abang becak yang biasa mangkal di depan Stadion Gelora Bangkalan tidak menduga akan mendapatkan bantuan beras di tengah menurunnya penghasilan akibat wabah Covid-19, Kamis (16/4/2020) (TRIBUNMADURA.COM/AHMAD FAISOL)

Dasuki menjelaskan, Relawan G25 Madura melakukan survei di sejumlah titik beberapa hari sebelum mendistribusikan beras kepada para penerima manfaat.

"Untuk bantuan beras kami buat kategori. Memang semua terdampak corona, tapi kami mencari penerima manfaat yang paling terdampak," jelasnya.

Titik distribusi ditetapkan di depan SGB, Alun-alun Kota Bangkalan, kawasan pecinan Jalan Panglima Sudirman, sepanjang jalan Trunojoyo hingga sekitar RSUD, Jalan Pemuda Kaffa.

Ia menerangkan, metode pembagian diupayakan menghindari kerumunan. Teknis pembagiannya dengan cara mendatangi sasaran.

"Jika terjadi kerumunan atau aksi berebut, maka pembagian bisa langsung kami hentikan sementara," terangnya.

Selain membagikan beras dan masker, Relawan Sosial G25 Madura juga mensosialisasikan pentingnya pemakaian masker di tengah pandemi Covid-19.

"Kami juga edukasi masyarakat melalui sebaran brosur berisikan imbauan pentingnya penggunaan masker dan menghindari kerumunan," pungkasnya.

Abang becak, Rawi (35), asal Kabupaten Sampang hanya bisa tertegun dan terpaku. Lidahnya seolah kelu setelah mendapatkan beras kemasan 5 kilogram.

"Sekarang penumpang sepi, sehari dapat Rp 15 ribu. Biasanya penghasilan bisa mencapai Rp 35 ribu hingga Rp 40 ribu," ungkapnya kepada Surya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved