Breaking News:

Surabaya Sidoarjo Gresik Terapkan PSBB

Sidoarjo Akan Terapkan PSBB, Pemkab Siapkan Stimulus Ekonomi untuk Masyarakat Terdampak Kebijakan

Pemkab Sidoarjo segera menghitung dampak sosial ekonomi sebagai langkah persiapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

TRIBUNMADURA.COM/SOFYAN CANDRA ARIF SAKTI
PEMBERLAKUAN PSBB - Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa bersama Forkopimda Jatim dan Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini; Plt Bupati Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifuddin; dan Plh Sekretaris Daerah Kabupatan Gresik, Nadlif saat penyampaian hasil rapat di Gedung Negara Grahadi, Minggu (19/4/2020). Hasil dari rapat itu memutuskan akan diberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik untuk meredam penyebaran Covid-19. 

TRIBUNMADURA.COM, SURABAYA - Pemkab Sidoarjo segera menghitung dampak sosial ekonomi sebagai langkah persiapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Plt Bupati Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifuddin menjelaskan, penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) memang efektif untuk memutus mata rantai penularan virus corona ( Covid-19 ) dan semua SOP akan berjalan efektif karena akan diikuti pemberlakuan sanksi untuk pelanggar.

Namun untuk mendukung penerapan PSBB tersebut, Pemkab Sidoarjo harus menyiapkan stimulus ekonomi kepada masyarakat yang terdampak akibat penerapan PSBB tersebut.

Gresik Akan Terapkan PSBB, Pemkab Siapkan Anggaran Jaring Pengaman Sosial Rp 120 Miliar

Sidoarjo Akan Terapkan PSBB Bersama Surabaya dan Gresik, Nur Ahmad Syaifuddin: Ini Baik Tapi Berat

Surabaya, Sidoarjo dan Gresik Akan Terapkan PSBB, Khofifah Siapkan Surat Pengajuan PSBB ke Kemenkes

"Kami akan berhitung apakah persiapan kita cukup untuk PSBB,," ucap Cak Nur sapaan akrab Nur Ahmad Syaifuddin saat ditemui di Gedung Negara Grahadi di Jalan Gubernur Suryo, Surabaya, Minggu (19/4/2020).

Pemkab Sidoarjo akan membahas apakah akan memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara penuh ataukah hanya sebagian, khususnya di 14 kecamatan yang sudah terkonfirmasi ada pasien positif Covid-19.

"Itu yang harus kita hitung saat ini, karena makin luas makin banyak juga yang harus kita persiapkan," lanjutnya.

Nur Ahmad Syaifuddin menjelaskan, saat ini Pemkab Sidoarjo sudah melakukan realokasi anggaran untuk penanganan Covid-19 sebesar Rp 114 miliar dan masih ada potensi untuk dinaikkan Rp 84 miliar lagi.

Surabaya Akan Terapkan PSBB untuk Putus Rantai Penyebaran Covid-19, Pemkot Bahas Persiapan Teknis

BREAKING NEWS: Surabaya, Sidoarjo & Gresik Akan Terapkan PSBB, Ini Hasil Rapat Koordinasi di Grahadi

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini Bakal Hadiri Panggilan Gubernur Khofifah untuk Bahas PSBB

"Kita hitung lagi masih membutuhkan kenaikan atau tidak, sambil kita komparasikan bantuan dari pusat dan provinsi," kata Nur Ahmad Syaifuddin.

"Kita juga sudah melakukan langkah stimulus ekonomi dengan meringankan pajak, dan membebaskan retribusi itu kalau ditotal bisa senilai Rp 400 miliar," lanjutnya.

Cak Nur menjelaskan, dalam penerapan PSBB ini dampak yang paling berat memang dampak sosial ekonominya karena banyak pabrik dan perusahaan yang tidak bisa beroperasi.

"Untuk itu kita menunggu surat ibu Gubernur Jawa Timur ( Khofifah Indar Parawansa ) ke tingkat pusat dulu sembari kita menyiapkan lebih detail lagi teknisnya," pungkasnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved