Breaking News:

PSBB di Sidoarjo

PSBB Sidoarjo, Petugas Masih Peringatkan Warga, Beberapa Hari Selanjutnya Polisi akan Kenakan Sanksi

Penerapan pembatasan sosial berskala besar ( PSBB ) untuk wilayah Kabupaten Sidoarjo sudah dimulai sejak hari ini, Selasa (28/4/2020).

TRIBUNMADURA.COM/M TAUFIK
Petugas melakukan pemeriksaan di exit tol Sidoarjo saat hari pertama pemberlakuan PSBB di Kabupaten Sidoarjo, Selasa (28/4/2020). 

TRIBUNMADURA.COM, SIDOARJO - Penerapan pembatasan sosial berskala besar ( PSBB ) untuk wilayah Kabupaten Sidoarjo sudah dimulai sejak hari ini, Selasa (28/4/2020). 

Petugas masih cenderung memberi imbauan dan peringatan kepada warga pada tahap-tahap awal pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar ( PSBB ) di Kabupaten Sidoarjo.

Setelah beberapa hari, jika masih banyak pengendara yang nakal atau tidak taat ketentuan pembatasan sosial berskala besar ( PSBB ), petugas akan lebih tegas dalam bertindak dan memberi sanksi.

"Penjagaan dan pemeriksaan di sejumlah lokasi sudah dimulai sejak dini hari tadi. Namun, kami masih mengedepankan imbauan kepada masyarakat," kata Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Sumardji.

Dicontohkan jika ada warga yang tidak mengenakan masker, hanya sebatas diingatkan. Bahkan di beberapa pos check point malah diberi masker oleh petugas.

Kabar Gembira, Kondisi Pasien Positif Virus Corona di Situbondo Terus Membaik

PSBB di Gresik, 3 Hari Pertama Sifatnya Imbauan & Teguran, 11 Hari ke Depan Tindakan untuk Pelanggar

Hari ke-5 Ramadan, Pencuri di Tuban Ini Malah Gondol Kotak Amal Masjid, Aksinya Terekam CCTV

Tapi ini hanya beberapa hari. Selanjutnya, pelanggaran-pelanggaran bakal diberi sanksi tegas. Termasuk kendaraan, pedagang, dan sebagainya.

"Harapan kami, kesadaran masyarakat bisa lebih bagus. Agar penyebaran covid-19 di Sidoarjo bisa ditekan," kata kapolres di sela meninjau pos check point di Exit Tol Sidoarjo.

Di pos tersebut, para pengendara dari luar kota harus menjalani pemeriksaan petugas. Termasuk petugas kepolisian dan petugas kesehatan.

Satu persatu penumpang diperiksa suhu tubuh. Jumlah penumpang yang melebihi ketentuan juga harus rela diturunkan.

"Warga yang suhu tubuhnya melebihi 38 derajat akan kita bawa ke rumah sakit untuk pemeriksaan lebih lanjut setelah dilakukan pemeriksaan awal oleh tenaga medis yang siaga disetiap pos check point ini. Sementara yang ketahuan akan mudik, langsung disuruh kembali," ujar Kombes Pol Sumardji.

Kepala Kemenag Kabupaten Malang Positif Terpapar Virus Corona Seusai Ikut Pelatihan Haji di Surabaya

Penerapan PSBB Masih Ada Kelemahan, Pemkot Surabaya dan Pemprov Jatim akan Terus Lakukan Evaluasi

Bupati Pamekasan Ajak Masyarakat Doakan Relawan dan Tenaga Medis yang Tangani Pasien Covid-19

Di Sidoarjo ada 16 titik check point. Di tempat-tempat itu semua yang melintas diperiksa.

Selama pembatasan sosial berskala besar ( PSBB ), ada beberapa orang yang masih diperbolehkan untuk melakukan mobilitas antar kota.

Termasuk warga yang benar bekerja akan tetap diperbolehkan masuk, ojek online yang membawa pesanan makanan, ambulans, angkutan ekspedisi, angkutan yang membawa sembako dan warga yang memang ada kepentingan mendesak.

Penulis: M Taufik
Editor: Elma Gloria Stevani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved