Virus Corona di Jawa Timur

Jokowi Targetkan Mei, Kurva Pasien Covid-19 Menurun, Gugus Tugas Jatim: Masyarakat Harus Disiplin

Presiden Jokowi menargetkan kurva penambahan pasien positif Covid-19 menurun pada bulan Mei 2020.

Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Gerakan Non-Blok (GNB) khusus membahas penanganan Covid-19 dari Istana Kepresidenan Bogor, Senin (4/5/2020). 

TRIBUNMADURA.COM - Presiden Jokowi menargetkan kurva penambahan pasien positif Covid-19 menurun pada bulan Mei 2020.

Pernyataan itu disampaikan langsung oleh Jokowi saat membuka sidang kabinet melalui video conference, Rabu (6/5/2020).

"Target kita di bulan Mei ini harus betul-betul tercapai, sesuai dengan target yang kita berikan, yaitu kurvanya sudah harus turun, dan masuk posisi sedang di Juni. Di Juli harus masuk posisi ringan dengan cara apa pun," ujar Jokowi.

Ia mengatakan, semua pihak harus bekerja sama untuk mencapai target tersebut. Oleh sebab itu, bukan hanya Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang dibebani target itu, melainkan semua kementerian dan lembaga.

Bahkan, target tersebut juga harus dibebani kepada masyarakat dan dunia usaha untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan demi memutus mata rantai penularan Covid-19.

 

"Itu dilakukan tidak hanya oleh Gugus Tugas, tapi melibatkan seluruh elemen bangsa, jajaran pemerintahan, organisasi sosial kemasyarakatan, relawan, parpol, dan swasta. Ini harus diorkestrasi dengan baik," papar Jokowi.

"Saya yakin jika kita bersatu, jika kita disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan, semua rencana yang sudah kita siapkan yang lalu bisa mengatasi Covid-19 secepat-cepatnya," lanjut Jokowi.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Rumpun Kuratif Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Jawa Timur, Joni Wahyuhadi mengatakan jika dihitung penambahan hari per hari, memang kasus Covid-19 di Jawa Timur terus naik, terutama di Kota Surabaya.

Namun jika dilihat dari kasus dimulainya Covid-19 di Jatim, tren kurva sudah mulai landai, sehingga ada harapan pada Mei 2020 ini kurva Covid-19 menurun.

Sinopsis Film The Gunman di Bioskop Trans TV Kamis 7 Mei 2020, Jim Terrier Jadi Agen Rahasia

Sinopsis Film Criminal, Ada Gal Gadot, Kevin Costner, Ryan Renolds di Bioskop Trans TV Jam 21.00 WIB

Antisipasi Peristiwa Surabaya Kembali Terulang, 100 Karyawan Pabrik Rokok di Madiun Rapid Test

"Kalau penambahan hari ke hari Surabaya masih naik, untuk dua daerah lain (Gresik dan Sidoarjo) sudah mulai turun. Jadi kalau kita lihat agak ada asa," kata Joni Wahyuhadi, Rabu (6/5/2020).

Halaman
12
Penulis: Sofyan Candra Arif Sakti
Editor: Elma Gloria Stevani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved