Breaking News:

Berita Tulungagung

Antisipasi Krisis Pangan saat Pandemi Corona, Khofifah dengan Petani Tulungagung Percepat Tanam Padi

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mempercepat masa tanam padi di musim kemarau tahun 2020.

TRIBUNMADURA.COM/FATIMATUZ ZAHROH
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mempercepat masa tanam padi di musim kemarau tahun 2020. Hari ini, Minggu (7/6/2020). 

TRIBUNMADURA.COM, TULUNGAGUNG - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mempercepat masa tanam padi di musim kemarau tahun 2020.

Hari ini, Minggu (7/6/2020), Khofifah Indar Parawansa turun langsung bersama pertani Desa Bangunjaya, Kecamatan Pakel, Kabupaten Tulungagung untuk menanam padi.

Didampingi Bupati Tulungagung Maryoto Birowo serts Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono, dalam penanaman massal kali ini yang ditanam adalah varietas inpari 42.

Dengan sistem tanam jejer legowo, sistem penanaman ini digadang akan menghasilkan panen berlimpah.

86 Motor Knalpot Brong di Kota Blitar Disita saat Razia Balap Liar, Rata-rata Tidak Memenuhi Standar

Edarkan Narkoba, Pria Asal Menganti Gresik Diamankan Polisi saat Transaksi Sabu Pakai Motor Ninja

Antisipasi Penyebaran Covid-19, Ribuan Nelayan dan Kru Kapal di Probolinggo Ikut Rapid Test Gratis

Terlebih karena Jawa Timur khususnya Kabupaten Tulungagung adalah daerah penghasil beras dan penyangga pangan Jawa Timur maupun nasional.

"Tentu kita ingat bahwa ada sebanyak 16 provinsi Jawa Timur yang bertopang keputusan logistiknya dari Jawa Timur. Maka kita ingin dengan penanaman dipercepat akan menjadi penguatan ketahanan pangan kita," ucap Khofifah Indar Parawansa.

Sebagaimana diketahui Kabupaten Tulungagung memiliki sasaran luas tanam 45.850 hektar dalam Tahun 2020, ditargetkan pada Bulan Juni dapat terpenuhi tanam seluas 3.390 hektar.

Sedangkan untuk Desa Bangunjaya sendiri yang saat ini dilakukan penanaman langsung oleh gubernur, memiliki area seluas 160 hektar dengan total area tanam seluruh Kecamatan Pakel seluas 973 hektar.

Saat ini, varietas yang digunakan adalah Inpari 42, Inpari 16 dan Logawa.

Lebih lanjut disampaikan Khofifah bahwa percepatan tanam padi ini juga sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo yang meminta pemerintah daerah yang menjadi lumbung pangan di daerah melakukan percepatan masa tanam.

Halaman
123
Penulis: Fatimatuz Zahroh
Editor: Elma Gloria Stevani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved