Breaking News:

CPNS 2019

4.658 Pelamar CPNS Pemprov Jatim Pilih Lokasi Tes SKB CPNS, 22 Titik Tersebar di Seluruh Indonesia

4.658 orang peserta pelamar CPNS Pemprov Jatim yang telah menentukan dan memiliki lokasi Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS Pemprov Jatim.

SURYA/SRI WAHYUNIK
Ilustrasi - Tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS di Balai Serbaguna, Kaliwates, Jember, Sabtu (8/12/2018). 

TRIBUNMADURA.COM, SURABAYA - Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Timur Nur Kholis mengatakan bahwa saat ini sudah ada sebanyak 4.658 orang peserta pelamar CPNS Pemprov Jatim yang telah menentukan dan memiliki lokasi Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS Pemprov Jatim.

Sebanyak peserta tersebut telah menentukan lokasi ujian di 22 lokasi yang tersebar di seluruh Indonesia. Hal ini menjadi kebijakan yang ditetapkan pemerintah guna meminimalisir mobilitas masyarakat karena ikut tes CPNS di tengah pandemi covid-19.

Sebagaimana diketahui, SKB bagi pelamar CPNS 2019 bakal segera digelar pada bulan September mendatang. Total ada sebanyak 4.778 peserta yang berhak mengikuti SKB untuk CPNS Pemprov Jawa Timur.

Kisah Pedih Cowok Ditinggal Nikah Viral, 11 Tahun Kandas Lalu Terima Undangan: Saya Datang saat Akad

Peringatan Bagi Seluruh Camat di Malang, Bupati Sanusi Bakal Mutasi Jika Tak Becus Tangani Covid-19

Pasangan Suami Istri di Kota Madiun Positif Covid-19, Sebelumnya Hasil Rapid Test Non-Reaktif

Namun sampai hari ini, Selasa (11/8/2020), ada sebanyak 120 peserta yang belum menentukan lokasi tes SKB melalui online di website https://sscn.bkn.go.id/.

"Jadi ini kebijakan yang telah ditentukan oleh pusat. Bagi pelamar CPNS Pemprov Jatim ada yang berasal dari Kalimantan, Sumatera, misalnya, mereka kini tak perlu datang ke Jatim untuk SKB tapi tinggal memiliki lokasi terdekat dengan tempat tinggalnya sekarang," kata Kholis, Selasa.

Berdasarkan rekap data dari BKD Provinsi Jawa Timur, sebanyak 22 lokasi tes SKB yang telah dipilih peserta tes CPNS Pemprov Jawa Timur di antaranya adalah Aula Mojopahit Kanreg BKN, Kanreg I BKN Yogyakarta, UPT BKN Semarang, BKN Pusat, Kanreg III BKN Bandung, Kanreg X BKN Denpasar, UPT BKN Lampung, UPT BKN Balikpapan, UPT BKN Palangkaraya, Kanreg IV BKN Makassar, Kanreg VI BKN Medan, UPT BKN Mataram, UPT BKN Padang, UPT BKN Pontianak, UPT BKN Serang, UPT BKN Batam, UPT BKN Palu, UPT BKN Pangkalpinang, Kanreg VIII Banjarmasin, Kanreg XII BKN Pekanbaru, dan Kanreg IX BKN Manado.

"Mereka bisa memilih, akan ujian di kantor regional BKN yang terdekat dengan wilayahnya, atau bisa juga ke datang ke Jatim. Tapi, prinsipnya dengan adanya pendaftaran lokasi ini diharapkan mereka bisa ujian di dekat tempat tinggalnya," tutur Nur Kholis.

Lebih lanjut Nur Kholis menegaskan bagi sebanyak 120 pelamar yang hingga kini belum memilih lokasi SKB tetap bisa mengikuti SKB.

Bagi yang tidak memilih maka lokasi tesnya akan ditentukan berdasarkan keputusan Panselnas yang ditentukan berdasarkan lokasi pelaksanaan tes SKD sebelumnya. Untuk Pemprov Jatim, pelaksanaan SKB akan dilakukan di Kantor Regional II BKN Wilayah Surabaya.

Untuk diketahui, jadwal SKB telah ditetapkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) melalui surat edaran Nomor B/611/M.SM.0100/2020.

Dalam edaran tersebut dijelaskan tiga hal terkait SKB antara lain, SKB dilaksanakan dengan metode Computer Assisted Test (CAT) pada September - Oktober.

Jumlah Pasien Sembuh dari Virus Corona Kini 61 Orang, Kadinkes Banyuwangi: Jangan Beri Stigma Buruk

BREAKING NEWS - Gudang Penyimpanan Es dan Empat Lapak Pedagang Ikan di TPI Puger Jember Terbakar

Lesty Kejora Masuk Kriteria Wanita Idaman Rizky Billar, Saya Lagi Single Sudah Move On dari Dinda?

SKB tambahan diatur oleh kementerian / lembaga dan pemerintah daerah juga pada kurun waktu September - Oktober. Ketiga, pengumuman dilakukan pada akhir Oktober 2020.

Pelaksanaan SKB mengunakan protokol covid-19. Karena itu, membutuhkan waktu yang lebih lama. Sebab, dalam sehari tes hanya bisa digelar untuk 100 orang kali tiga gelombang, atau 300 orang per hari.

Penulis: Fatimatuz Zahroh
Editor: Elma Gloria Stevani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved