Breaking News:

HUT RI 2020

Pimpin Renungan Suci Peringatan HUT RI ke-75, Khofifah: Bela Negara Berjuang Merdeka dari Covid-19

Jajaran Forkopimda Jawa Timur bersama-sama melakukan apel kehormatan dan renungan suci dalam rangka peringatan HUT RI ke-75.

TRIBUNMADURA.COM/FATIMATUZ ZAHROH
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menjadi inspektur apel kehormatan dan renungan suci dalam rangka peringatan HUT Kemerdekaan RI yang ke-75 di Taman Makam Pahlawan Sepuluh Nopember Surabaya, Senin (17/8/2020) dini hari. 

TRIBUNMADURA.COM, SURABAYA - Tepat pukul 00.00 WIB pada Senin (17/8/2020), penerangan di kawasan Taman Makam Pahlawan atau TMP Sepuluh Nopember Mayjend Sungkono Kota Surabaya serentak diredupkan.

Jajaran Forkopimda Jawa Timur, yakni Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Mohammad Fadil Imran, dan Pangdam V Brawijaya Mayjend TNI Widodo Iryansyah bersama-sama melakukan apel kehormatan dan renungan suci dalam rangka peringatan HUT RI ke-75.

7 Promo Hari Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus untuk HUT ke-75 RI, MCD, KFC, HokBen hingga Pizza Hut

Cocok untuk Update di FB WA Instagram, Ini Kumpulan Gambar HUT Ke-75 RI & 20 Ucapan Hari Kemerdekaan

Jadwal Acara TV Senin 17 Agustus 2020 TRANS 7 TRANS TV SCTV RCTI, Ada Film Bumi Manusia dan Soekarno

Dalam kegiatan renungan suci tersebut, suasana syahdu begitu terasa, terutama saat dilakukan hening cipta bersama pasukan mengenang jasa-jasa para pahlawan.

Secara serentak jajaran forkopimda juga bersama-sama pasukan memberikan penghomatan dan juga memanjatkan doa untuk arwah para pahlawan dan pejuang kemerdekaan yang telah banyak berkorban demi kedaulatan Negara Republik Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, Khofifah Indar Parawansa menyampaikan, momen peringatan Hari Kemerdekaan RI menjadi saat yang tepat untuk membangkitkan memori, khususnya memori bahwa kemerdekaan Indonesia ini diraih atas jerih payah dan pengorbanan para pahlawan.

Bahwa kemerdekaan yang bisa dinikmati segenap bangsa Indonesia saat ini adalah hasil perjuangan panjang para pahlawan.

Yang tujuannya nanti mengingatkan pada seluruh generasi bangsa agar kemerdekaan yang telah diraih dengan susah payah dan pengorbanan darah harus diisi dengan sebaik-baiknya.

“Dan hari ini kita masuk dalam renungan suci untuk memperingati Proklamasi RI yang ke-75. Bagi kita semua warga Indonesia warga Jawa Timur, maka kemerdekaan kali ini kita ikhtiarkan bagaimana kita semua bisa merdeka dari Covid-19,” kata Khofifah Indar Parawansa seusai renungan suci.

Kumpulan Ucapan Hari Kemerdekaan ke-75 RI, Bisa Dibagikan via WhatsApp, Facebook hingga Instagram

Google Rayakan HUT RI ke-75, Inilah Kumpulan Ucapan Hari Kemerdekaan Penuh Makna dan Inspiratif

Pakai Bahasa Madura, Risma Blusukan ke Perkampungan Surabaya Utara Imbau Warga agar Kenakan Masker

Khofifah Indar Parawansa yang dalam apel tersebut berperan langsung sebagai inspektur apel menjelaskan jika pahlawan di zaman perjuangan merebut kemerdekaan adalah berperang melawan penjajah, maka saat ini eranya adalah perang melawan Covid-19.

“Jadi bela negara kita saat ini di antaranya kita wujudkan dengan menggunakan masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan. Itu adalah bagian dari melindungi diri sendiri dan melindungi masyarakat,” tegasnya.

Selain itu, ia juga menekankan menjaga kemerdekaan harus diikuti dengan upaya bagaimana mewujudkan kedaulatan dan bagaimana kemakmuran bisa diwujudkan.

Penulis: Fatimatuz Zahroh
Editor: Elma Gloria Stevani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved