Breaking News:

Berita Sampang

Mahasiswa Muhammadiyah Malang Ajak Masyarakat Sampang Madura Melawan Covid-19 Melalui Wedang Pokak

Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Bhaktimu Negeri Universitas Muahammadiyah Malang (UMM) membagikan resep wedang pokak pada warga Sampang.

TRIBUNMADURA.COM/HANGGARA PRATAMA
Kelompok 15 PMM Universitas Muhammaditah Malang membuat wedang pokak bersama warga Kelurahan Gunung Sekar Kecamatan Sampang, Kabupaten Sampang, Madura, Rabu (26/8/2020). 

Laporan Wartawan TribunMadura.com, Hanggara Pratama

TRIBUNMADURA.COM, SAMPANG - Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Bhaktimu Negeri Universitas Muahammadiyah Malang (UMM) melaksanakan upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di Kelurahan Gunung Sekar, Kecamatan Sampang, Kabupaten Sampang, Madura, Rabu (26/8/2020).

Pencegahan tersebut melalui kegiatan bagi-bagi jamu wedang pokak, sekaligus membagikan resepnya terhadap warga sekitar.

Salah satu anggota kelompok 15 PMM UMM Gunung Sekar, Iftitah Rahmawati Syafriningrum mengatakan wedang pokak merupakan obat herbal seperti jamu atau empon-empon yang dikenal mampu meningkatan sistem imun alias daya tahan tubuh.

"Sehingga, obat herbal seperti wedang pokak bermanfaat untuk melawan dan membantu tubuh terhindar dari berbagai virus tersebut," ujarnya kepada TribunMadura.com.

Manajemen Madura United Sudah Komunikasi dengan Beto Goncalves Soal Keinginan Sriwijaya FC

Ingin Dapat Bantuan Program Bedah Rumah Tidak Layak Huni dari Pemkab Pamekasan? Simak Alurnya

Ribuan Guru SMA Negeri dan Tenaga Pendidik di Mojokerto Jalani Rapid Test Covid-19, 24 Reaktif

Wedang pokak merupakan obat herbal seperti jamu atau empon-empon yang dikenal mampu meningkatan sistem imun alias daya tahan tubuh.
Wedang pokak merupakan obat herbal seperti jamu atau empon-empon yang dikenal mampu meningkatan sistem imun alias daya tahan tubuh. (TRIBUNMADURA.COM/HANGGARA PRATAMA)

Madura United Berencana Lakukan Laga Uji Coba dengan Klub Lain, Tingkatkan Kualitas Adaptasi Pemain

Tergiur Prospek Investasi Tembakau, Penyanyi Dangdut di Malang ini Malah Kehilangan Uang Rp 350 Juta

Sejumlah Sekolah di Ponorogo Uji Coba Pembelajaran Tatap Muka, 3 SMA dan SMK Segera Menyusul

Selain mendapatkan ilmu dari berbagai informasi di media sosial, perempuan yang akrab disapa Iftitah itu mengaku juga termotivasi dari ibunya lantaran setiap pagi selalu disiapkan jamu pokak.

"Setelah beberapa kali dibuatkan saya tanya ke ibu saya manfaat dari jamu ini untuk apa dan ibu saya menjawab kalau ini dapat meningkatkan sistem imun dalam tubuh dan menjaga kesehatan tubuh kita," tuturnya.

Sementara, pihaknya membahikan resep dan khasiat jamu wedang pokak tersebut diantaranya, pertama siapkan semua bahan berupa sereh, jahe, gula aren, kayu manis dan pandan.

Setelah bahan disiapkan cuci bersih terlebih dahulu semua bahan kecuali gula aren dan siapkan tempat untuk merebusnya yaitu panci lalu isi air secukupnya dan masukkan gula aren terlebih dahulu, dilanjutkan dengan memasukkan bahan yang lainnya.

"Setalah itu biarkan hingga mendidih, lalu diamkan hingga dingin atau hangat-hangat kuku, dan jamu wedang pokak siap dikonsumsi," jelasnya.

Iftitah menambahkan, agar tubuh semakin kebal terhadap berbagai virus, salah satunya virus corona, juga diimbangi dengan menerapkan gaya hidup sehat seperti berolahraga, istirahat dan makan-makanan yang bergizi contohnya sayuran hijau, buah-buahan, daging dan telur, kacang-kacangan dan biji-bijian, ikan dan makanan laut lainnya.

Termasuk, masyarakat harus selalu mengikuti aturan protokol Kesehatan di pemerintah yaitu dengan menjaga selalu kebersihan tangan, jangan sering menyentuh wajah, terapkan etika batuk dan bersin, menggunakan masker dan selalu jaga jarak.

"Kami berharap dengan upaya yang kami lakukan dapat membantu masyarakat Sampang, terutama Kelurahan Gunung Sekar untuk memerangi penyebaran virus corona," pungkasnya.

Penulis: Hanggara Pratama
Editor: Elma Gloria Stevani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved