Breaking News:

Berita Malang

Hari Terakhir Libur Panjang, Polresta Malang Kota Petakan Sejumlah Titik Rawan Kemacetan Arus Balik

Ada sejumlah titik kepadatan lalu lintas yang menjadi pantauan khusus arus balik libur panjang.

Penulis: Kukuh Kurniawan | Editor: Ayu Mufidah Kartika Sari
Tribunmadura/Hayu Yudha Prabowo
Kemacetan di Jalan Ahmad Yani Utara, Kota Malang, Sabtu (25/5/2019). 

TRIBUNMADURA.COM, MALANG - Satlantas Polresta Malang Kota mengantisipasi kepadatan arus balik libur panjang, Minggu (1/11/2020).

Kasat Lantas Polresta Malang Kota, AKP Ramadhan Nasution mengatakan, wilayah Kota Malang hingga saat ini masih belum terlihat kepadatan arus balik kendaraan.

"Dari pantauan kami hingga pukul 12.00 WIB, belum ada peningkatan volume kendaraan arus balik," kata dia kepada TribunMadura.com.

Baca juga: Sungai Sadar Mojokerto Meluap, Puluhan Rumah Warga hingga Areal Persawahan Terendam Banjir

Baca juga: Keseringan Ngintip Gadis Mandi, Pemuda ini Lucuti Handuk Tetangga, Ancam Sebar Video yang Direkamnya

Baca juga: Ketahuan Berbuat Dosa saat Perayaan Maulid Nabi, Pria ini Dihajar Massa, Kini Dilaporkan ke Polisi

"Meski begitu kami sendiri telah siap mengantisipasi arus balik kendaraan, yang diprediksi berasal dari arah Kota Batu maupun Kabupaten Malang," ujarnya.

Untuk mengantisipasi arus balik, ia menjelaskan bahwa sebanyak 142 personil akan dikerahkan semuanya. Baik di pos pantau lalu lintas maupun di setiap jalur utama Kota Malang.

"Dan kami prediksi arus balik masa liburan panjang akan memasuki wilayah Kota Malang pada pukul 14.30 WIB. Kami perkirakan akan terus terjadi hingga nanti sore," tambahnya.

Ia juga memperkirakan akan terjadi peningkatan volume kendaraan pada saat arus balik libur panjang.

"Kemungkinan akan terjadi peningkatan volume kendaraan yang sangat signifikan. Yaitu diprediksi mencapai 100 persen dibandingkan dengan hari hari biasa," jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga telah memetakan jalur jalur utama di Kota Malang. Yang kemungkinan besar akan menjadi titik kemacetan pada saat arus balik libur panjang.

"Ada beberapa titik jalur yang kami pantau, karena dimungkinkan akan menjadi titik kemacetan. Yaitu jalur perbatasan antara Kecamatan DAU, Kabupaten Malang dengan wilayah Kota Malang, Jalan Soekarno Hatta dan Jalan Borobudur. Serta yang terakhir adalah Jalan Raya Balearjosari hingga Exit Tol Singosari," jelasnya.

Kata dia, bilamana terjadi kepadatan arus lalu lintas, petugas akan melaksanakan tindakan diskresi kepolisian.

"Kami akan mengabaikan lampu lalu lintas, dan petugas akan melaksanakan pengaturan lalu lintas secara manual. Jalur yang terjadi kepadatan arus lalu lintas, akan kami dahulukan dulu," pungkasnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved