Breaking News:

Berita Surabaya

Masuki Musim Penghujan saat Pandemi Covid-19, Masyarakat Disarankan Lakukan Vaksin Influenza

Masyarakat disarankan melakukan vaksinasi influenza untuk mencegah terjadinya ko-infeksi dan meningkatnya kerentanan terhadap Covid-19.

Shutterstock
Bersin-bersin dan flu 

TRIBUNMADURA.COM, SURABAYA - Memasuki musim penghujan, masyarakat perlu waspada terhadap berbagai penyakit, seperti virus influenza, infeksi saluran pernapasan, diare, dan sebagainya.

Apalagi, angka kasus positif Covid-19 semakin meningkat sejak bulan November 2020 lalu.

Tak sedikit pula ada yang menafsirkan jika angka kenaikan kasus Covid-19 berkaitan dengan perubahan cuaca secara langsung.

Baca juga: Alasan Pentingnya Mengganti Masker Kain Setiap 4 Jam Sekali, Jangan Tunggu Sampai Lembab dan Basah

Baca juga: Jumlah Warga Sidoarjo yang Terjaring Operasi Yustisi Makin Menurun, Diimbau Tak Kendor Pakai Masker

Baca juga: 8 Gejala Terserang Kanker Serviks atau Kanker Leher Rahim, Waspadai Keputihan hingga Nyeri Tulang

Terkait hal itu, Guru Besar Universitas Airlangga ( Unair), Prof Chairul Anwar Nidom berpendapat, peningkatan temperatur udara disertai peningkatan kelembaban udara pada prinsipnya tidak disukai oleh virus Covid-19.

Namun, kata dia, ada berbagai hal yang perlu diwaspadai oleh masyarakat saat musim penghujan.

Utamanya, perubahan pola perilaku manusia saat musim hujan yang cenderung lebih banyak menghabiskan waktu di dalam ruangan yang hangat dan tertutup.

"Udara dingin juga mempengaruhi sistem imun tubuh dan menjadikan lebih rentan terhadap infeksi virus serta berpengaruh terhadap fleksibilitas reseptor ACE2 terhadap virus Covid-19," ujarnya.

Prof Nidhom menjabarkan, belum ada penelitian tentang viabilitas virus Covid-19 di luar ruangan saat musim hujan.

Namun, air hujan yang membasuh percikan droplet yang menempel di atas permukaan tanah, jalanan atau berbagai benda di ruang terbuka, diharapkan dapat mengurangi penyebaran virus Covid-19.

"Perlu juga yang harus diwaspadai, dengan terbawanya droplet oleh air hujan, maka dimungkinkan terjadi penyebaran sumber penularan jika tidak diikuti dengan perubahan perilaku manusia ketika datangnya musim hujan," paparnya.

Untuk itu, dalam mengurangi risiko penularan, masyarakat perlu menjaga kondisi tubuh guna meningkatkan sistem imun, terutama untuk virus atau patogen yang biasa muncul pada musim hujan seperti influenza.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Prof Nidhom menyarankan agar masyarakat melakukan vaksinasi influenza untuk mencegah terjadinya ko-infeksi dan meningkatnya kerentanan terhadap Covid-19.

"Masyarakat tetap diminta untuk melaksanakan 3M secara ketat, yaitu
menggunakan masker sesuai standar, mencuci tangan dan menjaga jarak," katanya.

Selain itu, saluran air juga diperbaiki agar droplet yang terbawa oleh air hujan tidak menggenang di satu tempat yang memungkinkan menjadi sumber penularan.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved