Breaking News:

Berita Malang

Kota Malang Berlakukan Jam Malam Pukul 20.00 WIB Sampai 04.00, Masyarakat Diminta Tak Buat Kerumunan

Pemerintah Provinsi Jawa Timur akan memberlakukan jam malam saat pergantian tahun baru 2021 untuk mengantisipasi adanya masyarakat yang berkerumun.

TRIBUNMADURA.COM/MOHAMMAD RIFKY EDGAR
Wali Kota Malang, Sutiaji. 

TRIBUNMADURA.COM, MALANG - Pemerintah Provinsi Jawa Timur akan memberlakukan jam malam saat pergantian tahun baru 2021 untuk mengantisipasi adanya masyarakat yang berkerumun demi mencegah semakin tingginya kasus Covid-19.

"Kami sudah mengeluarkan surat edaran yang salah satu poinnya pemberlakuan jam malam mulai pukul 20.00 WIB hingga 04.00 WIB yang ditujukan kepada bupati dan wali kota di Jatim," kata Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat berkunjung di Kabupaten Jember, Rabu, 30 Desember 2020.

Namun, banyak masyarakat Kota Malang yang masih belum memahami apa yang dimaksud dengan pemberlakuan jam malam sesuai instruksi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Baca juga: Baddrut Tamam Sampaikan Duka Cita Atas Meninggalnya Wakil Bupati Pamekasan: Kami Sangat Kehilangan

Baca juga: Dua Hari Sebelum Wabup Pamekasan Meninggal Dunia, Sang Istri Berdoa Ingin Kumpul Bersama Keluarga

Baca juga: Rajae Meninggal Bukan karena Terinfeksi Covid-19, Ini Penjelasan Bupati Pamekasan Baddrut Tamam

Baca juga: Wakil Bupati Pamekasan Rajae Meninggal, Sempat Dinyatakan Positif Covid-19 Sepulang dari Jakarta

Hal tersebut membuat Wali Kota Malang, Sutiaji membuat video di akun Instagramnya terkait dengan pemberlakuan jam agar nantinya dipahami oleh masyarakat.

Sutiaji mengatakan, penerapan jam malam tersebut sesuai Surat Edaran Gubenur Jawa Timur Nomor 736/24068/034/2020 tentang penerapan protokol kesehatan pada pelaksanaan kegiatan Libur Tahun Baru 2021 di Jawa Timur.

Di mana penerapannya dimulai pada pukul di mulai pukul 20.00 WIB - 04:00 WIB yang akan dilakukan pembatasan terhadap kegiatan masyarakat yang menimbulkan keramaian dan kerumunan.

Seperti hajatan, seremonial, resepsi pernikahan, kegiatan keagamaan maupun perayaan tahun baru.

"Jam malam yang dimaksud adalah, kita tidak boleh ke seluruh perniagaan. Kecuali apotek tetap buka. Kemudian orang-orang yang keluar masuk, tapi tidak punya kepentingan yang substantif, atau yang penting itu tidak diperkenankan," ucapnya, Kamis (31/12).

Baca juga: BREAKING NEWS - Wakil Bupati Pamekasan, Rajae Meninggal Dunia di RSU Dr Soetomo Surabaya

Baca juga: Beredar Story WA Soal Penutupan Jembatan Suramadu Saat Pergantian Tahun, Ini Kata Polres Bangkalan

Baca juga: Kumpulan Ucapan Selamat Tahun Baru 2021, Lengkap Terjemahan, Cocok Dikirim ke Sahabat dan Keluarga

Baca juga: Pemkab Gresik Tunda Belajar Tatap Muka di Sekolah Awal Januari 2021, Begini Penjelasan Nur Maslichah

Sutiaji, mengatakan, jam malam tersebut tidak berlaku bagi masyarakat yang ingin membeli obat maupun yang akan pergi ke rumah sakit untuk berobat.

Begitu juga dengan warga Kota Malang yang baru saja pulang dari luar kota tetap diperkenankan memasuki Kota Malang, asalkan harus menunjukkan identitas.

"Kalau ada warga kami ( Kota Malang ) misal habis bepergian atau pulang kerja dari luar kota. Maka dia harus menunjukkan identitas sehingga bisa masuk ke Kota Malang di atas pukul 20:00 WIB," ucapnya.

Lebih jauh lagi dia menyampaikan, bahwa pemberlakuan jam malam tersebut dilakukan dalam rangka mencegah penularan Covid-19.

Apalagi saat bertepatan pula dengan libur panjang tahun baru yang dikhawatirkan bisa memperluas penyebaran Covid-19.

"Jadi untuk orang yang senang berkerumun, dimohon untuk kesadaran kita semua, untuk tidak perlu kita keluar tanpa ada urusan yang mendesak. Misal beli obat, atau ke rumah sakit,"

"Sekali lagi kami tegaskan, SE ini dari Provinsi yang diberlakukan untuk kabupaten kota, jadi tidak ada SE Wali Kota. Ini diberlakukan untuk seluruh kabupaten kota di Jawa Timur," tandasnya.

Penulis: Mohammad Rifky Edgar
Editor: Elma Gloria Stevani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved