Breaking News:

Berita Mojokerto

Manfaat Asuransi Ternak AUTSK Bagi Peternak, Bisa Klaim Kehilangan, Kecurian atau Kematian Sapi

Manfaat yang dirasakan peternak jika mengikuti Asuransi Usaha Ternak Sapi/Kerbau (AUTSK).

TRIBUNMADURA.COM/KUSWANTO FERDIAN
Karapan sapi di Madura 

Reporter: Mohammad Romadoni | Editor: Ayu Mufidah KS 

TRIBUNMADURA.COM, MOJOKERTO - Bidang Peternakan Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto merekomendasikan peternak sapi agar mengasuransikan hewan ternak melalui Asuransi Usaha Ternak Sapi/Kerbau (AUTSK).

Usaha di sektor peternakan dinilai mempunyai risiko ketidakpastian mitigasi yang disebabkan kematian hewan ternak, kecelakaan, kehilangan atau kecurian, bencana alam, wabah penyakit dan fluktuasi harga, sehingga peternak sapi dapat memanfaatkan AUTSK tersebut.

Kabid Peternakan Diperta Kabupaten Mojokerto, Harini mengatakan, dampak dari kegagalan yang diakibatkan kematian hewan ternak ini mengganggu sistem usaha budidaya ternak dan berkurangnya produksi.

Sesuai Undang-Undang Nomor 19 tahun 2013 tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Petani (UUP-3) pasal 37 menyebutkan bahwa Pemerintah berkewajiban melindungi usaha tani yang dilakukan oleh petani maupun peternak dari kerugian akibat gagal panen dalam bentuk Asuransi Pertanian dan Peternakan.

Baca juga: Katalog Promo Indomaret Kamis 21 Januari 2021, Diskon Harga Popok Minyak Goreng hingga Body Lotion

Baca juga: Sinopsis Ikatan Cinta Malam ini, Al Berusaha Ungkap Dalang di Balik Kematian Roy Agar Andin Kembali

Baca juga: BERITA MADURA TERPOPULER: Penangkapan Muncikari Sumenep hingga 9000 KPM Pamekasan Dinonaktifkan

“Kini peternak sapi terlindung adanya asuransi usaha ternak sapi (AUTS/K) karena risiko kematian ternak sapi cukup tinggi,” ungkapnya kepada Surya.co,id ( grup TribunMadura.com ), Rabu (20/1/2021­).

Harini menyebut, AUTSK ini bertujuan untuk mempertahankan populasi ternak sapi sehingga yang dibidik Pemerintah adalah sapi betina produktif usia di atas 1 tahun.

Adapun manfaat AUTSK bagi peternak sapi yaitu memberikan ketentraman dan ketenangan sehingga peternak dapat fokus terhadap pengelolaan usahanya.

Apalagi, pengalihan risiko yakni membayar premi AUTSK relatif kecil sehingga peternak dapat memindahkan ketidakpastian risiko kerugian yang nilainya justru lebih besar.

Kemudian, jaminan perlindungan dari risiko kematian dan kehilangan sapi dan meningkatkan kredibilitas peserta asuransi terhadap akses pembiayaan (Perbankan).

Baca juga: Katalog Promo Alfamart Kamis 21 Januari 2021, Beli 2 Gratis 1 Cornetto hingga Produk Serba Rp 5000

Baca juga: Link Download True Beauty Sub Indo Episode 1 - 11, Seo Jun Cemburu Lihat Kedekatan Ju Kyung dan SuHo

“Jumlah premi AUTSK adalah sebesar 2 persen dari nilai klaim senilai Rp.10 juta dan satu ekor sapi yakni Rp.200 per tahun," kata dia.

Halaman
123
Penulis: Mohammad Romadoni
Editor: Ayu Mufidah Kartika Sari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved