Breaking News:

Berita Pamekasan

Pengamen Jalanan di Pamekasan Menjamur, Pemkab Diharapkan Bangun Rumah Singgah, Ini Fungsinya

Hal itu dinilai perlu diwujudkan sebagai langkah memberikan wadah bagi para pengamen jalanan di Pamekasan agar tidak mengamen lagi.

TRIBUNMADURA.COM/KUSWANTO FERDIAN
pengamen jalanan yang diamankan Satpol PP Pamekasan saat didata oleh petugas bagian Penegak Perda di pos pantau di Taman Monumen Arek Lancor pada akhir Januari 2021. 

Reporter: Kuswanto Ferdian | Editor: Ayu Mufidah KS

TRIBUNMADURA.COM, PAMEKASAN - Satpol PP Pamekasan, Madura, menyarankan agar Pemkab Pamekasan membuat rumah singgah khusus pengamen jalanan yang biasa mengamen di sejumlah lampu lalu lintas.

Hal itu dinilai perlu diwujudkan sebagai langkah memberikan wadah bagi para pengamen jalanan di Pamekasan agar tidak mengamen lagi di lampu lalu lintas.

Kasi Penyelidikan dan Penyidikan Satpol PP Pamekasan, Hasanurrahman mengatakan, banyaknya pengamen jalanan ini disebabkan karena di Pamekasan masih belum ada rumah singgah.

Kurang Fokus, Kakek Tabrak Motor Pelajar dari Samping di Jalan Dirgahayu Pamekasan, Ini Kronologinya

Peredaran Miras di Pamekasan Kian Meresahkan, Ormas Islam Ajak Semua Pihak Ikut Andil Memberantas

Waria Madura Dipolisikan Pasangan Sejenisnya, 1 Kesalahan Fatal Terbongkar Sejak 11 Tahun Bersama

Menurut dia, supaya para pengamen jalanan itu punya keahlian yang mempuni sesuai bakatnya, perlu ada koordinasi yang intens antara Dinas Sosial dan Satpol PP setempat untuk memberikan wadah terhadap para pengamen jalanan tersebut.

Saran dia, solusinya, buatkan rumah singgah khsusus para pengamen itu untuk mengasah bakatnya.

"Di sini (Pamekasan) masih belum ada rumah singgah. Jadi kalau ada rumah singgah para pengamen jalanan itu bisa dilatih bakatnya dan mau diberi latihan apa oleh OPD terkait pasti ikut. Lalu diberikan tempat khusus mengamen kalau sudah mempuni," kata Hasanurrahman kepada TribunMadura.com, Senin (8/2/2021).

Menurut dia, rutinitas yang dilakukan oleh Satpol PP Pamekasan selama ini, bila kedapatan pengamen jalanan yang mengamen di lampu merah, hanya melakukan pengamanan saja.

Setelah diamankan, para pengamen jalanan tersebut dibawa ke Kantor Satpol PP untuk dibuatkan surat pernyataan yang berisi keterangan tidak akan mengamen lagi di lampu merah Pamekasan.

Seusai itu, para pengamen yang tertangkap tersebut, akan diantarkan langsung oleh petugas Satpol PP ke rumahnya.

Halaman
12
Penulis: Kuswanto Ferdian
Editor: Ayu Mufidah Kartika Sari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved