Breaking News:

Berita Pamekasan

Tinjau Longsor di Pamekasan, Komisi VIII DPR RI Minta Ada Pencegahan Dini Potensi Longsor Susulan

Anggota Komisi VIII DPR RI meninjau langsung lokasi tebing yang longsor di belakang asrama santriwati Pondok Pesantren An-Nidhomiyah Pamekasan.

TRIBUNMADURA.COM/KUSWANTO FERDIAN
Anggota Komisi VIII DPR RI dari Fraksi Golkar, Muhammad Ali Ridha (memakai batik kuning) saat meninjau lokasi tebing tanah yang longsor di belakang asrama santriwati Pondok Pesantren An-Nidhomiyah, Dusun Jepun, Desa Bindang, Kecamatan Pasean, Kabupaten Pamekasan, Madura, Rabu (24/2/2021). 

Reporter: Kuswanto Ferdian | Editor: Ayu Mufidah KS

TRIBUNMADURA.COM, PAMEKASAN - Anggota Komisi VIII DPR RI dari Fraksi Golkar, Muhammad Ali Ridha meninjau langsung lokasi tebing yang longsor di belakang asrama santriwati Pondok Pesantren An-Nidhomiyah Dusun Jepun, Desa Bindang, Kecamatan Pasean, Kabupaten Pamekasan, Madura, Rabu (24/2/2021).

Muhammad Ali Ridha didampingi anggota Komisi IV DPRD Pamekasan, Alfian Rhomadani saat mendatangi Ponpes yang berlokasi di daerah Pantura ini.

Baca juga: Pelantikan 17 Kepala Daerah Terpilih di Jawa Timur Dibagi Jadi 3 Sesi, Kabupaten Sumenep Ikut Sesi 1

Baca juga: Kakek Nikmati Nonton Cucunya Disetubuhi Pemuda, Bayar Tetangga Agar Mau Gauli Korban di Rumahnya

Baca juga: Gubernur Jatim Tinjau Lokasi Tebing Longsor di Pamekasan, Beri Santunan ke Keluarga Korban Meninggal

Rombongan Muhammad Ali Ridha tiba di Pondok Pesantren An-Nidhomiyah sekitar pukul 11.00 WIB.

Setelah berbicara sejenak dengan Pengasuh Ponpes An-Nidhomiyah, KH Humaidi, Muhammad Ali Ridha langsung beranjak melihat lokasi tebing tanah yang longsor.

Muhammad Ali Ridha mengaku sudah menyampaikan kepada Pengasuh Ponpes An-Nidhomiyah untuk sementara waktu agar mengosongkan lingkungan Ponpes dari kegiatan apa pun.

Alasannya, demi mengantisipasi dini dari kekhawatiran akan kembali terjadinya longsor susulan.

"Kalau nanti di kemudian hari lingkungan Ponpes ini sudah dirasa aman oleh BPBD Pamekasan, baru bisa dipakai lagi," kata Muhammad Ali Ridha kepada TribunMadura.com.

Politisi Partai Golkar ini juga mengaku sudah memberikan saran terhadap BPBD Pamekasan agar segera melakukan asesmen mengenai kondisi tanah di lingkungan Ponpes An-Nidhomiyah tersebut apakah aman atau tidak untuk ditempati ketika musim penghujan.

Baca juga: Kesaksian Korban Selamat Longsor di Pamekasan, Dengar Sahabat Menjerit Tak Kuat Menahan Reruntuhan

Baca juga: Bupati Bangkalan Pimpin Forum Konsultasi Publik tentang Perubahan RKPD dan RPJMD, ini yang Dibahas

Kata dia, upaya asesmen ini dilakukan demi mencegah sejak dini adanya potensi longsor susulan agar bisa segera diantisipasi.

"Sehingga apabila dimungkinkan akan terjadi longsor susulan, bisa langsung diantisipasi dan tidak menimbulkan adanya banyak korban jiwa lagi," ujar Ali.

DPR RI yang akrab disapa Habib Ali ini juga mengungkapkan sudah melakukan komunikasi langsung dengan BNPB Pusat agar turun langsung meninjau lokasi tebing tanah yang longsor dan memberikan bantuan.

Ia juga mengapresiasi kinerja aparat TNI-Polri, BPBD dan Kapolres Pamekasan yang langsung tanggap darurat melakukan penanganan bencana tanah longsor tersebut saat kejadian.

"Kami datang langsung meninjau ke lokasi tanah longsor ini sebagai bentuk kepedulian dan menyampaikan rasa duka yang mendalam terhadap meninggalnya 5 santriwati yang tertimbun tanah. Karena kami dari Komisi VIII DPR RI bermitra dengan BNPB," tutupnya.

Penulis: Kuswanto Ferdian
Editor: Ayu Mufidah Kartika Sari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved