Breaking News:

Berita Banyuwangi

Peternak di Banyuwangi Bisa Periksakan Hewan Ternaknya secara Gratis, Begini Caranya

Layanan pemeriksaan kesehatan gratis kepada hewan ternak Kabupaten Banyuwangi dilakukan secara rutin.

TRIBUNMADURA.COM/HAORRAHMAN
Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Banyuwangi membuka pelayanan kesehatan keliling untuk hewan ternak. 

TRIBUNMADURA.COM, BANYUWANGI - Layanan kesehatan keliling untuk hewan ternak dilakukan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Banyuwangi.

Tim dokter dan tenaga kesehatan dari pusat kesehatan hewan (puskeswan) secara rutin berkeliling ke berbagai wilayah Kabupaten Banyuwangi untuk memberikan layanan pemeriksaan kesehatan gratis kepada hewan ternak milik warga.

“Program ini bertujuan untuk mendekatkan pelayanan dan meningkatkan status kesehatan hewan ternak di Banyuwangi. Agar mereka bisa bereproduksi dan berproduksi secara maksimal,"

Baca juga: Pembangunan Stadion Baru di Sampang Dinilai Tak Hanya sebagai Sarana Olahraga, Ada Pengaruh Ekonomi

Baca juga: Waspada Modus Pelaku Kejahatan Pura-Pura Jadi Anggota Polisi, Simak Tips Cara Menghindari Kasusnya

"Target tahun ini kami bisa melayani 10 ribu hewan ternak besar, seperti sapi dan kambing,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Banyuwangi, Arief Setyawan, Minggu (14/3/2021).

Dalam pelaksanaannya, tim keliling ke lokasi peternakan maupun tempat permukiman warga di desa-desa menggunakan mobil ambulans khusus ternak yang telah disiapkan oleh Pemkab Banyuwangi.

Mobil ambulans tersebut dilengkapi dengan berbagai peralatan kesehatan khusus ternak, seperti mikroskop, kamar hitung, alat pemeriksa berat jenis susu (laktodensimeter), hingga Ultrasonografi (USG) untuk sapi dan ternak kecil.

Dengan berbagai peralatan itu, tim akan melakukan pemeriksaan kesehatan secara terpadu, dilanjutkan pemberian vitamin, obat cacing, mineral, hingga tindakan pengobatan jika memang ditemukan hewan ternak yang sakit.

Bagi hewan yang bisa ditangani di lokasi, terang Arief, akan langsung ditangani oleh dokter hewan dan petugas medis di tempat.

Sedangkan hewan yang membutuhkan penanganan medis lebih lanjut, akan langsung dibawa ke klinik hewan setelah mendapat penanganan awal.

Baca juga: Gelar Doa Bersama, Demokrat Surabaya Tegaskan Tetap Solid Dukung AHY, Tolak Hasil KLB Deli Serdang

Baca juga: Ratusan Napi Lapas Kelas IIB Blitar Bebas Lebih Cepat, Dapat Asimilasi Selama Pandemi Covid-19

“Layanan ini gratis. Warga cukup membawa hewan ternaknya ke lokasi pelayanan yang telah diumumkan sehari sebelumnya oleh petugas," kata dia.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved