Breaking News:

Berita Jember

Penukaran Uang Baru di Jember untuk Lebaran 2021, BI Jember Sediakan Uang Baru Rp 3,092 Triliun

Kantor BI Jember menyediakan uang baru senilai Rp 3,092 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama bulan Ramadan dan Idul Fitri 2021.

Penulis: Sri Wahyunik | Editor: Ayu Mufidah Kartika Sari
TRIBUNMADURA.COM/SRI WAHYUNIK
Warga menunjukkan pecahan uang baru,Jumat (16/4/2021). 

TRIBUNMADURA.COM, JEMBER - Uang pecahan baru senilai Rp 3,092 triliun disiapkan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kabupaten Jember.

Kantor BI Jember menyediakan uang baru senilai Rp 3,092 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama bulan Ramadan dan Idul Fitri 2021.

Nantinya, masyarakat di lima kabupaten yakni Jember, Banyuwangi, Bondowoso, Situbondo, dan Lumajang bisa menukarkan uang baru di Kantor BI Jember.

Baca juga: Aksi Nekat Pengamen di Kota Malang Bobol Dua Minimarket, Hasil Kejahatannya Dipakai Pesta dengan PSK

Baca juga: Penuh Keterbatasan, Pria Tunanetra di Trenggalek ini Selalu Khatam Alquran Tiap Ramadan Tiba

Kepala Perwakilan BI Jember, Hestu Wibowo mengatakan, kebutuhan uang yang disediakan itu ada kenaikan sebesar 54,65 persen dibandingkan realisasi tahun 2020 sebesar Rp 1,959 triliun.

"Kantor Perwakilan BI Jember menyediakan Rp 3,092 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama bulan Ramadan dan Idul Fitri 1442 H," kata Hestu di Kantor Perwakilan BI Jember, Jumat (16/4/2021).

"Kami menyediakan ini berdasarkan proyeksi dari perbankan yang merupakan ceminan kebutuhan uang rupiah oleh masyarakat pada bulan Ramadan dan Idul Fitri 1442 H/2021," ujar dia.

Melihat uang rupiah yang disediakan oleh Perwakilan BI Jember, Hestu mengakui pandemi dan larangan mudik saat Idul Fitri, rupanya tidak membuat kebutuhan masyarakat akan uang baru turun.

"Kalau melihat cerminan kebutuhan masyarakat akan uang rupiah, rupanya trendnya tetap ada kenaikan meski tidak setinggi tahun sebelum pandemi, namun tetap naik," jawab Hestu.

Hestu menegaskan kembali, jumlah uang pecahan baru yang disediakan dari proyeksi perbankan, yang merupakan cerminan kebutuhan masyarakat akan uang rupiah.

Dari jumlah dana yang disediakan oleh BI Jember itu, paling besar terserap di Kabupaten Jember sebesar 76,65 persen.

Baca juga: Terduga Pelaku Pembacokan Tokoh Masyarakat Madura Diamankan Polisi, Kini Masih Berstatus Saksi

Baca juga: Kronologi Adik Tebas Jantung Kakak di Pamekasan, Sakit Hati Ditonjok Berujung Satu Nyawa Melayang

"Kepada masyarakat di wilayah Sekarkijang (eks Karesidenan Besuki dan Lumajang) tidak perlu khawatir, karena BI Perwakilan Jember menyediakan dana cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama bulan Ramadan dan Idul Fitri," tegas Hestu.

Terkait penukaran uang pecahan baru, Hestu menambahkan, BI Jember tidak membuka loket penukaran uang.

Kata dia, masyarakat bisa menukar uang baru melalui Perbankan.

BI Jember sudah berkoordinasi dengan semua Perbankan di lima kabupaten di Sekarkijang untuk melayani penukaran uang bagi masyarakat.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved