Breaking News:

Berita Malang

Hari Pertama Larangan Mudik Lebaran 2021, 16 Kendaraan Diputar Balik di Exit Tol Madyopuro

Hari pertama masa larangan mudik Lebaran 2021 di Malang, seluruh jajaran baik dari kepolisian, TNI dan pemerintah daerah mulai memperketat penyekatan.

TRIBUNJATIM.COM/Kukuh Kurniawan
Suasana pengecekan di Exit Tol Madyopuro, Kamis (6/5/2021). 

Reporter: Kukuh Kurniawan I Editor: Pipin Tri Anjani

TRIBUNMADURA.COM MALANG - Hari pertama masa larangan mudik Lebaran 2021, seluruh jajaran baik dari kepolisian, TNI dan pemerintah daerah mulai memperketat penyekatan. Tak terkecuali di wilayah Kota Malang.

Sesuai dengan rencana, penyekatan dilakukan di exit tol Madyopuro. Dari pantauan TribunJatim.com (grup TribunMadura.com), penyekatan tersebut dilakukan mulai Kamis (6/5/2021) pukul 00.00 WIB.

Nampak petugas yang berjaga di pos, yakni anggota Polresta Malang Kota, Kodim 0833 Kota Malang, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang, BPBD Kota Malang dibantu dengan jajaran samping lainnya melakukan pengecekan terhadap kendaraan yang akan masuk ke Kota Malang.

Kepala Pos Pam Exit Tol Madyopuro, AKP Suwarno mengatakan fokus pemeriksaan dan penyekatan menyasar ke kendaraan plat luar kota, di luar wilayah aglomerasi atau Rayon Malang Raya.

"Hingga pukul 12.00 WIB, sudah ada sebanyak 16 kendaraan yang diminta putar balik. Kendaraan tersebut diputar balik, karena pengendara tidak bisa menunjukkan surat keterangan kerja, perjalanan dinas dan surat keterangan hasil rapid test," ujarnya kepada TribunJatim.com (grup TribunMadura.com), Kamis (6/5/2021).

Baca juga: Takbir Keliling Dilarang Pada Hari Raya Idul Fitri 1442 H di Sumenep, Sanksi Bagi yang Melanggar

Baca juga: Operasi Ketupat Semeru 2021 Dimulai, Kapolres Pamekasan Perintahkan 15 Penekanan Ini

Namun dirinya mengungkapkan, bila pengendara telah memiliki data pendukung secara lengkap. Maka pihaknya mempersilahkan pengendara untuk melanjutkan perjalanan.

"Kalau data pendukung lengkap, baik surat-surat kendaraan, KTP sesuai, dan bila yang berasal dari luar (luar Rayon Malang Raya) memiliki surat keterangan kerja, perjalanan dinas dan surat keterangan hasil rapid test. Maka kami persilahkan untuk melanjutkan perjalanan," jelasnya.

Dirinya juga menjelaskan, di pos pengamanan dan penyekatan Exit Tol Madyopuro telah disiapkan alat rapid test.

"Dari Dinkes Kota Malang sudah menyiapkan alat rapid test. Jadi saat pemeriksaan, Dinkes Kota Malang akan mengukur suhu tubuh pengendara. Bila suhu tubuhnya baik, kami periksa surat-suratnya. Namun sejauh ini, belum ditemukan ada yang memiliki gejala terkonfirmasi Covid-19," terangnya.

Pria yang juga menjabat sebagai Kanit Turjawali Satlantas Polresta Malang Kota ini juga menambahkan. Bahwa pengecekan di Exit Tol Madyopuro dilakukan selama 24 jam.

"Untuk pos Exit Tol Madyopuro, jumlah personel yang berjaga kurang lebih 90 personel dari unsur TNI-Polri dan jajaran samping lainnya. Jumlah tersebut kami bagi menjadi tiga shift," tandasnya.

Penulis: Kukuh Kurniawan
Editor: Pipin Tri Anjani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved