Breaking News:

Berita Sampang

Cegah Covid-19, Masjid Agung Sampang Tetap Gelar Salat Idul Fitri dengan Protokol Kesehatan Ketat

Masjid Agung Sampang memastikan tetap melaksanakan kegiatan solat Idul Fitri (Id) meskipun pandemi Covid-19 di Kabupaten Sampang belum berakhiR.

TRIBUNMADURA.COM/HANGGARA PRATAMA
Masjid Agung Sampang di Jalan Pahlawan Kelurahan Rong Tengah, Kabupaten Sampang, Madura, Rabu (12/5/2021). 

Reporter: Hanggara Pratama I Editor: Elma Gloria Stevani

TRIBUNMADURA.COM, KEDIRI - Berdasarkan hasil sidang isbat Kemenag yang sudah digelar kemarin, Hari Raya Idul Fitri, 1 Syawal 1442 H jatuh pada hari Kamis, 13 Mei 2021.

Sehingga, Masjid Agung Sampang memastikan tetap melaksanakan kegiatan solat Idul Fitri (Id) meskipun pandemi Covid-19 di Kabupaten Sampang, Madura belum berakhir, Rabu (12/5/2021).
Akan tetapi, pada pelaksanannya terdapat sebuah batasan, yakni sesuai Prokes Covid-19, begitupun dijalani para jamaah dengan menggunakan masker.
Admin Masjid Agung Sampang, Afnun mengatakan, bahwa penerapan Prokes Covid-19 sudah dilakukan sejak awal pelaksanaan solat tarawih dan berjalan hingga saat ini, bahkan nantinya tetap berjalan saat solat Id.
Hal itu berdasarkan intruksi pemerintah daerah melalui Surat Edaran (SE) yang diterima beberapa hari sebelum Bulan Suci Ramadan 1442 tiba.
"Salat Idul Fitri tetap dilaksanakan tapi dengan protokol kesehatan Covid-19, begitupun sudah masuk ke jadwal kegiatan rutin setiap tahunnya," ujarnya.
Adapun peralatan Prokes Covid-19 yang sudah terpasang adalah bilik disinfektan yang diletakkan di depan masjid sehingga mudah dilewati para jamaah.
Selain itu, menyiapkan handsanitizer yang diletakkan di sejumlah tiang masjid dengan perkiraan mudah dijangkau para jamaah.
Sehingga dirinya berharap agar para jamaah memanfaatkan fasilitas tersebut guna memutus penyebaran Covid-19.
"Handsanitizer sudah terpasang sejak awal salat tarawih dan ada sekitar enam titik," terangnya.
Sementara, sesuai jadwal yang sudah dibentuk oleh pengurus yayasan Ta'mir Masjid Agung Sampang, untuk Khotib dan Imam saat solat Idul Fitri 1442 H adalah KH. Fakhrurrozi Farouq.

Simak artikel lain terkait Kabupaten Kediri, Lebaran 2021, Hari Raya Idul Fitri

FOLLOW US:

Penulis: Hanggara Pratama
Editor: Elma Gloria Stevani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved