Breaking News:

Berita Sampang

Pemberangkatan Haji 2021 Resmi Dibatalkan, Kemenag Sampang Bakal Kirim Surat Edaran ke CJH

Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Sampang, Pardi mengatakan, ada 442 CJH di Sampang yang sudah melunasi biaya penyelenggaraan haji tahun ini.

Penulis: Hanggara Pratama | Editor: Aqwamit Torik
TRIBUNMADURA.COM/HANGGARA PRATAMA
Kepala Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Sampang, Pardi. 

Reporter: Hanggara Pratama | Editor: Aqwamit Torik

TRIBUNMADURA.COM, SAMPANG - Pemerintah Indonesia resmi membatalkan pemberangkatan jemaah haji dalam penyelenggaraan ibadah haji tahun 1442 Hijriah atau 2021.

Keputusan tersebut diatur dalam keputusan Menteri Agama RI Nomor 660 Tahun 2021 yang ditetapkan pada 3 Juni 2021 (kemarin).

Mengetahui hal itu, para Calon Jamaah Haji (CJH) di Kabupaten Sampang, Madura harus bersabar dalam menerima informasi tersebut mengingat demi keselamatan dari ganasnya pandemi covid-19.

Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Sampang, Pardi mengatakan, ada 442 CJH di Sampang yang sudah melunasi biaya penyelenggaraan haji tahun ini.

Akan tetapi, dengan adanya keputusan dari pemerintah pusat, pemberangkatan tahun ini gagal dan tentunya diberlakukan di semua daerah se Indonesia.

"Jadi semua jamaah haji di Indonesia tidak diberangkatkan," ujarnya kepada TribunMadura.com, Jumat (4/6/2021).

Ia menambahkan, ini juga merupakan kebijakan dari pemerintah Arab Saudi, bahkan hampir semua negara di asia tidak mendapatkan kuota pemberangkatan haji tahun ini.

Menurutnya, ketentuan itu diambil lantaran khawatir tentang penyebaran covid-19 yang hingga saat ini belum kunjung berakhir.

"Terlebih penyebaran di Asia saat ini masih tinggi," terang Pardi.

Mengetahui hal itu, dalam waktu dekat, pihaknya akan secepatnya memberitahukan secara resmi terhadap para CJH di wilayah kerjanya melalui surat edaran.

Meskipun, sebenarnya informasi tersebut sudah beredar di Media Sosial (Medsos) mulai kemarin dan masyarakat termasuk para CJH dirasa sudah mengetahui.

"Pemberitahuan kepada para CJH masih dirapatkan hari ini dan insyallah pukul 16.00 WIB selsai," pungkasnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved