Breaking News:

Demo Pilkades Karduluk

Geruduk Kantor DPMD Sumenep, Ratusan Warga Desa Karduluk Tuntut 3 Hal dalam Pilkades Serentak 2021

Geruduk Kantor DPMD Sumenep, ratusan warga Desa Karduluk menuntut tiga hal dalam proses Pilkades 2021. Mereka tuding ada akal-akalan pihak incumbent.

Penulis: Ali Hafidz Syahbana | Editor: Elma Gloria Stevani
TRIBUNMADURA.COM/ALI HAFIDZ SYAHBANA
Aksi demonstrasi masyarakat ke kantor DPMD Sumenep, Selasa (9/6/2021). 

Reporter: Ali Hafidz Syahbana | Editor: Elma Gloria Stevani

TRIBUNMADURA.COM, SUMENEP - Ratusan warga Desa Karduluk, Kecamatan Pragaan mengepung Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumenep pada hari Rabu (9/6/2021).

Mereka menuntut tigal hal dalam pelaksanaan Pilkades Serentak 2021, khususnya di Desa Kardukuk atas keputusan panitia yang pertama soal menerima pendaftar bakal calon kepala desa (Bacakades) dari luar desa setempat.

Mereka menuding, akal-akalan pihak incumbent.

"Bacakades dari luar desa sangat mengganggu kondusifitas warga Desa Karduluk. Dan itu bayangan incumbent," teriak korlap aksi, Mohammad Afdan Sakuro.

Tuntutan yang kedua katanya, calon bayangan itu dapat memanfaatkan kelemahan peraturan bupati (Perbup) Nomor 15 Tahun 2021 Tentang Perubahan atas Perbup Sumenep Nomor 54 Tahun 2019 Tentang Pencalonan, Pemilihan, Pengangkatan, Pelantikan dan Pemberhentian Kepala Desa.

Aksi demonstrasi masyarakat ke kantor DPMD Sumenep, Selasa (9/6/2021).
Aksi demonstrasi masyarakat ke kantor DPMD Sumenep, Selasa (9/6/2021). (TRIBUNMADURA.COM/ALI HAFIDZ SYAHBANA)

"Karena ada seleksi tambahan, malah seenaknya dimanfaatkan. Mantan bupati saja tidak ada skornya, sehingga asas domisili tidak diatur, satandarisasi nilai tidak diatur," sebutnya.

"Hasil kajian kami, seleksi tambahan itu harus ditiadakan dan diserahkan langsung pemilihannya pada masyarakat," tambahnya.

Untuk poin tuntutan ke tiga katanya, soal berkas pengumuman hasil penyaringan Bacakades dari luar desa itu tidak dilampirkan. Sedangkan dalam form 36, 37 dalam Perbup no 15 Tahun Tahun 2021 sebagaimana terlampir dan tak ambigu.

"Ternyata pernuataan panitia itu gara-gara sudah dipengaruhi Kadis DPMD, berkas itu tak harus dikeluarkan dan itu diakui oleh pak Kadis. Maka kami minta harus mundur dari jabatannya," desaknya.

Desa Karduluk, Kecamatan Pragaan ada 7 Bacakades dalam Pilkades 2021. 3 Bacakades dari Desa sendiri dan 4 lainnya dari luar desa tersebut.

Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumenep, Moh. Ramli mengatakan bagi calon kepala desa yang melebihi dari lima orang diatur seleksi tambahan.

"Pengalaman dibidang pemerintahan, pendidikan, usia dan ujian kepemimpinan manjadi skornya," katanya.

Simak artikel lain terkait Kabupaten Sumenep, Pilkades Serentak 2021, Madura

FOLLOW JUGA:

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved