Breaking News:

Berita Pamekasan

Tindak Lanjuti Sertifikat Laik Hygiene Sanitasi, Dinkes Sidak Dapur Lapas Narkotika Pamekasan

Petugas kesehatan dari Dinas Kesehatan Pamekasan dan Puskesmas Teja mengunjungi Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas IIA Pamekasan.

TRIBUNMADURA.COM/KUSWANTO FERDIAN
Suasana saat petugas Dinas Kesehatan Pamekasan, Madura mengecek kondisi Dapur Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan, Kamis (10/6/2021). 

Reporter: Kuswanto Ferdian | Editor: Elma Gloria Stevani

TRIBUNMADURA.COM, PAMEKASAN - Petugas kesehatan dari Dinas Kesehatan Pamekasan dan Puskesmas Teja mengunjungi Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas IIA Pamekasan, Madura, Kamis (10/6/2021).

Kunjungan ini dilakukan guna menindaklanjuti permintaan pengurusan 'Sertifikat Laik Hygiene Sanitasi dan Makanan Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan'.
Kedatangan Dinas Kesehatan Pamekasan ke Lapas Narkotika Pamekasan ini dipimpin Kasi Kesmas, Riski Samlan.
Rombongan dari Dinas Kesehatan ini, langsung disambut Kalapas Narkotika Pamekasan, Sohibur Rachman di ruang Kerja Kalapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan.
Dokter Lapas Narkotika Pamekasan, dr Nur Faidah Utami mengatakan, kunjungan Dinas Kesehatan ke Lapas Narkotika Pamekasan ini berkaitan dengan imbauan Direktur Perawatan Kesehatan dan Rehabilitasi Direktur Jenderal Pemasyarakatan kepada seluruh UPT Pemasyarakatan untuk mensertifikasi usaha pengelolaan makanan yang dilakukan oleh dapur LPAS, LPKA, Rutan dan Lapas. 
Tujuannya, dalam rangka upaya pengendalian faktor resiko kontaminasi terhadap makanan yang disajikan kepada Anak, Tahanan dan Narapidana.
"Jadi, seluruh usaha yang berkaitan bidang jasa boga, rumah makan, dan kantin sekolah, kami awasi dan wajib memenuhi standar layak sehat sebagai upaya memenuhi standar yang aman dan untuk Lapas ini pertama kalinya bagi kami untuk melakukan pengawasan dan penilaian," kata Nur Faidah Utami kepada TribunMadura.com.
Nur Faidah Utami juga merinci ada beberapa  aspek yang menjadi penilaian Hygiene Sanitasi untuk mendapatkan Sertifikat Laik Hygiene Sanitasi ini
Pertama pangan, kedua penjamah (penanganan makanan), ketiga tempat, bangunan dan peralatan.
"Menurut saya dapur Lapas ini bersih dan rapi," ungkapnya.
Saat tiba di lingkungan Lapas Narkotika Pamekasan, petugas dinas kesehatan setempat meninjau langsung keadaan Dapur Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan oleh Tim Inspeksi Dinkes Pamekasan.
Sementara itu, Kasi Kesmas, Riski Samlan menyatakan Lapas Narkotika Pamekasan sudah layak untuk mendapatkan Sertifikat Laik Hygiene Sanitasi dan Makanan. 
"Setelah meninjau langsung keadaan dapur dan air, Lapas Narkotika Pamekasan sudah sangat layak mendapatkan sertifikat tersebut dengan sarana prasarana yang ada. Hanya hasilnya masih menunggu hasil pemeriksaan air Lapas Narkotika Pamekasan," ungkap Riski Samlan.

Simak artikel lain terkait Kabupaten Pamekasan, Madura, Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan

FOLLOW JUGA:

Penulis: Kuswanto Ferdian
Editor: Elma Gloria Stevani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved