Breaking News:

Daun Sambiloto

Rasanya Pahit, Namun Daun Sambiloto Berkhasiat Sebagai Anti Kanker & Anti Virus, Ini Kata Pakar IPB

Berikut manfaat daun sambiloto bagi kesehatan tubuh, menurunkan demam, anti-parasit dan bakteri, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah kanker.

Editor: Elma Gloria Stevani
net
Sambiloto - Manfaat tanaman obat yang sering dijuluki King of Bitter ini adalah untuk menurunkan demam, anti-parasit dan bakteri, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah kanker, mencegah diabetes, mengatasi flu, meningkatkan fungsi hati, mencegah penyakit jantung, membantu menyembuhkan infeksi sinusitis, baik untuk pencernaan, serta mengatasi anemia. 

TRIBUNMADURA.COM - Sambiloto merupakan tumbuhan berkhasiat obat berupa terna tegak yang tingginya bisa mencapai 90 sentimeter. Tanaman ini banyak ditemui di Indonesia.

Rasanya pahit, namun khasiatnya juga tidak kalah banyak.

Manfaat tanaman obat yang sering dijuluki King of Bitter ini adalah untuk menurunkan demam, anti-parasit dan bakteri, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah kanker, mencegah diabetes, mengatasi flu, meningkatkan fungsi hati, mencegah penyakit jantung, membantu menyembuhkan infeksi sinusitis, baik untuk pencernaan, serta mengatasi anemia.

Sekalipun rasanya sangat pahit daun sambiloto ini mengandung berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh manusia diantaranya yaitu.

Perlu diketahui bahwa sambiloto bukan merupakan obat utama bagi beberapa penyakit yang akan disebutkan di bawah ini.

Memang benar bahwa beberapa penelitian medis telah membuktikan manfaatnya, tetapi harus digunakan bersamaan dengan pengobatan dari dokter untuk penyembuhan.

Di sebagian negara di Asia, bagian dari sambiloto seperti daun, batang, akar, dan bunga, dimanfaatkan sebagai obat herbal. Kandungan dalam sambiloto diyakini sebagai anti bakteri, virus, hingga kanker. 

Guru Besar Fakultas Kedokteran Hewan IPB, Umi Cahyaningsih, menjelaskan jika tanaman herbal ini juga bisa digunakan untuk mencegah flu. 

Bagian-bagian pada tumbuhan sambiloto mengandung senyawa yang baik untuk pengobatan beberapa penyakit. Sambiloto mengandung senyawa diterpene, laactone, dan flavonoid

“Kandungan dari sambiloto yang digunakan untuk pengobatan antara lain lactone, diterpenoids, diterpene glycosides, flavonoids, dan flavonoid glycosides," jelas Umi seperti dikutip dari laman IPB. 

Beragam manfaat dari sambiloto

Halaman
12
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved