Breaking News:

Daun Sambiloto

Di Balik Rasanya yang Pahit, Sambiloto Jadi Obat Herbal untuk Radang Usus Buntu hingga Kencing Manis

Rasa pahit daun sambiloto membawa banyak manfaat, serta bisa menjadi pilihan obat herbal untuk radang usu buntu, diare, tifus, kaki bengkak dan demam.

Editor: Elma Gloria Stevani
net
Dikutip TribunMadura.com dari Buku Tanaman Obat yang diterbitkan oleh Kementerian Pertanian melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian pada 2019, berikut beberapa penyakit yang bisa menggunakan tanaman sambiloto. 

TRIBUNMADURA.COM - Jenis tanaman sambiloto merupakan tanaman liar yang bisa dijadikan salah satu alternatif untuk pengobatan herbal.

Jenis tanaman sambiloto dapat tumbuh dengan mudah di pekarangan rumah kita tanpa harus merawatnya.

Kehadirannya yang cukup liar terkadang tidak diketahui oleh orang, bahwasanya tanaman sambiloto merupakan salah satu tanaman herbal.

Tanaman sambiloto hanya terdiri dari akar, batang, daun, dan bunga saja dan tanaman sambiloto terkenal dengan rasanya yang pahit.

Rasa yang pahit membuatnya jarang dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia, namun rasa pahit yang dikandungnya membawa banyak manfaat, serta bisa menjadi pilihan obat herbal untuk Anda.

Memiliki nama latin Andrographis Paniculata, sambiloto termasuk dalam famili Acanthaceae.

Dikutip TribunMadura.com dari Buku Tanaman Obat yang diterbitkan oleh Kementerian Pertanian melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian pada 2019, berikut beberapa penyakit yang bisa menggunakan tanaman sambiloto:

Manfaat sambiloto sebagai obat herbal

Sambiloto terkenal dengan rasanya yang pahit. Sebab, sambiloto mengandung zat pahit yang terdapat di daun dan batangnya. 

Berdasarkan buku berjudul Tumbuhan Obat & Khasiatnya 3, seluruh bagian sambiloto bisa digunakan sebagai bahan baku obat.

Berikut manfaat sambiloto sebagai obat herbal. 

Halaman
1234
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved