Breaking News:

Daun Sambiloto

Berkhasiat untuk Penderita Sinusitis dan Anti Kanker, Ini 5 Manfaat Daun Sambiloto untuk Kesehatan

Obat herbal tradisional sambiloto disebut bisa turunkan gula darah dan membantu proses penyembuhan pasien Covid-19 bergejala ringan.

Editor: Elma Gloria Stevani
iStock
Tumbuhan sambiloto memiliki banyak khasiat yang tak terduga. Pastinya bermanfaat dan bikin sehat tubuh manusia. 

TRIBUNMADURA.COM - Ada banyak sekali tanaman herbal yang bermanfaat untuk kesehatan manusia, salah satu yang paling populer adalah sambiloto.

Tanaman ini dipercaya bisa mengobati berbagai penyakit, mulai dari asam urat hingga diabetes melitus.

Meski begitu, jangan ragu untuk tetap berkonsultasi dengan dokter. Siapa tahu, obat dari dokter dan konsumsi ramuan herbal bisa lebih efektif mengobati penyakit yang diderita.

Ekstrak sambiloto yang diberikan pada pasien Covid-19 bergejala ringan selama tiga hari terbukti efektif memperbaiki kondisi pasien Covid-19 di Thailand.

Tumbuhan sambiloto memiliki banyak khasiat yang tak terduga. Pastinya bermanfaat dan bikin sehat tubuh manusia.

Menurut Guru Besar Fakultas Kedokteran Hewan IPB Umi Cahyaningsih, salah satu khasiat dari tumbuhan sambiloto, yakni menurunkan tekanan darah dan gula darah.

Lalu, daun, batang, bunga, dan akarnya juga bisa dimanfaatkan sebagai anti kanker, anti bakteri, anti virus, anti alergi, dan anti mikroba. "Terutama untuk saluran pernafasan mencegah flu," kata dia melansir laman Instagram IPB @ipbofficial, Rabu (24/3/2021).

Selain itu, tumbuhan sambiloto bermanfaat sebagai obat sinusitis. Untuk mengobati sinusitis, dia menyarankan, agar minum rebusan daun sambiloto.

Tetapi jumlahnya tidak boleh terlalu banyak.

"Cukup gunakan 5-10 gram atau 5-10 lembar daun saja direbus, untuk menyembuhkan sinusitis," ungkap dia. Tumbuhan sambiloto pun bisa digunakan sebagai anti alergi, saat tersengat lebah dan menghilangkan gatal akibat terkena ulat bulu.

Halaman
1234
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved