Breaking News:

Berita Bangkalan

Dirut BUMD PT Sumber Daya Nyatakan Siap Mundur Jika Tak Ada Kontribusi ke PAD Kabupaten Bangkalan

Bupati Bangkalan mengukuhkan jajaran Direksi dan Komisaris PT Sumber Daya (Perseroda) Kabupaten Bangkalan periode 2021-2025.

Penulis: Ahmad Faisol | Editor: Ayu Mufidah Kartika Sari
TRIBUNMADURA.COM/AHMAD FAISOL
Direktur Utama PT Sumber Daya (Perseroda) Kabupaten Bangkalan, Moch Fauzan Ja’far menyatakan kesiapannya mengundurkan diri jika BUMD yang dipimpinnya tidak mampu memberikan kontribusi ke Pendapatan Asli Daerah usai dikukuhkan Bupati Bangkalan, R Abdul Latif Amin Imron di Pendapa Agung, Jumat (3/9/2021) 

TRIBUNMADURA.COM, BANGKALANBupati Bangkalan R Abdul Latif Amin Imron ( Ra Latif) mengukuhkan jajaran Direksi dan Komisaris PT Sumber Daya (Perseroda) Kabupaten Bangkalan periode 2021-2025 di Pendapa Agung, Jumat (3/9/2021).

Keputusan Ra Latif selaku pemegang saham PT Sumber Daya Kabupaten Bangkalan melakukan restrukturisasi di aspek manajemen hingga perubahan bentuk badan hukum Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dari Perusahaan Daerah (PD) menjadi PT Perseroda, diharapkan lebih fokus kepada tujuan mencari keuntungan untuk menambah pundi-pundi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Bangkalan.

“Ketika masih berstatus PD, lebih fokus kepada pelayanan. Namun ketika sudah perseroan dengan kepengurusan yang baru, ini bisa langsung berlari kencang membawa BUMD lebih baik lagi sehingga dapat menambah pundi-pundi PAD,” ungkap Ra Latif.

Dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) di Ruang Meeting Pendapa Agung Bangkalan, Senin (30/8/2021) ditetapkan nilai modal dasar PT Perseroda sebesar Rp 19,5 miliar, kegiatan bidang usaha sesuai Klasifikasi Baku Lapangan Usaha (KBLI) terbaru, menetapkan modal usaha dan perubahan nilai saham, serta menetapkan perubahan pemilik saham.

“Kami berharap manajemen baru PT Perseroda dapat segera memperoleh tambahan modal dari sektor swasta yang relatif besar, pengelolaannya diselenggarakan secara mandiri selama tidak melanggar batas-batas yang telah ditentukan dalam perundang-undangan,” tegas Ra Latif.

Adapun kegiatan bidang usaha sesuai KBLI terbaru meliputi meliputi agen wisata; penyewaan dan sewa guna usaha mobil dan sejenisnya, penyewaan dan sewa guna usaha mesin dan peralatan industri pengolahan, perdagangan alat tulis dan gambar, perdagangan barang percetakan dan penerbitan.

Selain itu, jasa penyelenggara pertemuan; rumah minum/kafe; pengadaan gas alam buatan; periklanan; taman rekreasi; reatmen dan pembuangan limbah berbahaya; dan jasa pelayanan internet publik.

Ra Latif mengingatkan, di tengah pandemi Covid-19 saat ini akan menjadi tantangan berat bagi manajemen PT Perseroda. Kondisi ini tentu saja akan berdampak terhadap jalannya roda perusahaan.  

Namun, lanjut Ra Latif, pihaknya percaya kepada jajaran manajemen definitif PT Perseroda akan turut serta melaksanakan pembangunan daerah, khususnya pembangunan ekonomi dalam upaya memenuhi kebutuhan rakyat menuju masyarakat adil dan makmur.

“Saya percaya saudara yang telah diberikan amanah, dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya melalui kinerja positif,” pungkas Ra Latif.

Direktur Utama (Dirut) BUMD PT Perseroda, Moch Fauzan Ja’far menyatakan, amanah yang diberikan Bupati Ra Latif merupakan tantangan yang harus dijawab dengan kinerja, akselerasi, inovasi, hingga perbaikan dari sisi tata kelola dan rencana bisnis terutama dalam menentukan Core Business atau bisnis utama.   

“Kami ingin meyakinkan Bapak Bupati dan seluruh masyarakat Bangkalan, saya selaku dirut akan mundur jika tidak signifikan atau nol kontribusi ke PAD. Saya mohon doa semoga semua jajaran BUMD diberi kekuatan dan pertolongan Allah dalam mengemban amanah ini,” kata Fauzan.

Bersama Sekretaris Daerah Kabupaten Bangkalan, Ir H Moh Taufan Zairinsjah, MM yang ditunjuk sebagai Komisaris Utama, Fauzan terlebih dulu akan melakukan konsolidasi internal serta menampung semua masukan dari para pelaku usaha.

“Untuk berkontribusi ke PAD, kami akan petakan terlebih dulu bisnis utama apa yang menjadi fokus kami. Karena tugas dan tujuan kami mencari keuntungan dan laba, tentunya kami akan terus berkomunikasi dan koordinasi dengan pihak lain yang bisa menjadi mitra,” pungkasnya. (edo/ahmad faisol)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved