Breaking News:

Berita Sampang

KSP Moeldoko Yakinkan Pengasuh Ponpes di Sampang Soal Komitmen Jokowi Terkait Dana Abadi Pesantren

Dana abadi pesantren merupakan dana yang dialokasikan khusus kepada Ponpes dan bersifat abadi, sesuai Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 82 Tahun 2021

Penulis: Hanggara Pratama | Editor: Aqwamit Torik
TribunMadura.com/Hanggara Pratama
(kanan) Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko saat berbincang dengan (kiri) KH. Syafiudin Abdul Wahid di Ponpes Darul Ulum Desa Gersempal, Kecamatan Omben, Sampang, Rabu (15/9/2021). 

Laporan Wartawan TribunMadura.com, Hanggara Pratama

TRIBUNMADURA.COM, SAMPANG - Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko yakinkan Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) di Kabupaten Sampang, Madura atas komitmen Presiden RI Joko Widodo tentang dana abadi pesantren.

Dana abadi pesantren merupakan dana yang dialokasikan khusus kepada Ponpes dan bersifat abadi, sesuai Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 82 Tahun 2021.

Tujuan dana tersebut untuk menjamin keberlangsungan pengembangan pendidikan pesantren.

Adapun upaya penyampaian komitmen itu dilakukan saat Mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat tersebut melakukan kunjungan ke Ponpes Darul Ulum, Desa Gersempal, Kecamatan Omben, Sampang, Rabu (15/9/2021).

KSP Moeldoko mengatakan, bahwa Undang-Undang pesantren sudah ditindaklanjuti dengan adanya Perpres 82 tahun 2021.

Baca juga: Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko Kunjungi Ponpes di Sampang, Apreasiasi Upaya Pencegahan Covid-19 

Menurutnya, hal itu dilakukan karena pemerintah ingin memberikan fasilitas bahwa Ponpes dengan pendidikan umum mempunyai hak yang sama dalam memperoleh melalui dana abadi pesantren.

"Mudah-mudahan nanti segera dioperasionalkan," ujarnya setelah melakukan pertemuan secara tertutup dengan sejumlah Pengasuh Ponpes di Ponpes Darul Ulum, Sampang.

"Itu merupakan janji bapak Jokowi atas lahirnya Undang-Undang pesantren yang ditindaklanjuti melalui Perpres nomor 82," imbuhnya.

Akan tetapi, Moeldoko tidak dapat memastikan kapan Perpres itu direalisasikan, yang jelas dirinya ingin menyampaikan Presiden RI Joko Widodo komitmen keras dengan janjinya melalui Perpres nomor 82 tahun 2021.

"Nanti kita liat operasionalnya, mungkin ada peraturan menteri, nanti kita tunggu," tuturnya.

Sementara, Pengasuh Ponpes Darul Ulum KH. Syafiudin Abdul Wahid menyampaikan, jika semua Ponpes menyambut bahagia atas dana pesantren abadi.

"Kalau semua pondok pesantren semua senang, bahagia, dan syukur kepada Allah SWT," pungkasnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved