Breaking News:

Berita Pamekasan

Lapas Narkotika Pamekasan Sukses Latih WBP Berkebun, Panen Sayuran mulai Terong hingga Sawi

Di dalam Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan, para WBP diberi pelatihan menanam sejumlah sayuran hijau.

TRIBUNMADURA.COM/KUSWANTO FERDIAN
WBP Lapas Narkotika Pamekasan Madura saat panen sawi di dalam Lapas, Rabu (6/10/2021). 

Laporan Wartawan TribunMadura.com, Kuswanto Ferdian

TRIBUNMADURA.COM, PAMEKASAN - Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan berhasil melatih bertani dan berkebun untuk warga binaan pemasyarakatan (WBP).

Di dalam Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan, para WBP diberi pelatihan menanam sejumlah sayuran hijau.

Pembinaan yang diberikan sebagai salah satu tujuan utama pemasyarakatan guna mempersiapkan para WBP saat bebas nanti agar memiliki keahlian dan terampil serta produktif.

Kasubsi Pengelolaan Hasil Kerja Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan Kanwil Kemenkumham Jatim, Ali Akbar beserta staf melakukan panen terong dari hasil bercocok tanam WBP Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan Kanwil Kemenkumham Jatim.

Ali Akbar mengatakan, keberhasilan dalam memanfaatkan lahan kosong yang dimiliki untuk bercocok tanam dan berkebun sayur-sayuran ini tidak lepas dari dukungan Kalapas beserta jajarannya.

Baca juga: BERITA MADURA TERPOPULER - Pria Dibakar Hidup-Hidup hingga Update Penemuan Jenazah di Bangkalan

Kata dia, melalui didikan dan semangat dari petugas maka para WBP juga semangat dan ingin belajar serta ada beberapa WBP yang punya pengalaman menjadikan lahan Lapas menjadi hijau dan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat.

"Pembinaan kemandirian bagi narapidana yang diberikan sebagai bertujuan guna mempersiapkan para narapidana di saat bebas nanti dapat memiliki keahlian dan keterampilan serta produktif sehingga bisa membuka peluang usaha sendiri,” kata Kalapas Narkotika Pamekasan, Sohibur Rachman kepada TribunMadura.com, Rabu (6/10/2021).

Ali Akbar menambahkan, setiap harinya seluruh WBP yang mengikuti pembinaan di Balai Latihan Kerja melaksanakan kegiatan Pembinaan salah satunya bercocok tanam dan berkebun sayur-sayuran seperti terong, sawi serta budidaya ikan cupang.

Perlu diketahui untuk program pembinaan yang diberikan di Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan Kanwil Kemenkumham Jatim ini sangat beragam dan melibatkan pihak eksternal.

Seperti program pembinaan salat duha atau pembinaan keagamaan Bekerjasama dengan Suryalaya, kemudian produksi Roti Kayna dan lain sebagainya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved