Breaking News:

Berita Surabaya

Gelar Festival Mural Peringati HUT Humas Polri, Wakapolda Jatim "Coretan Gambar Harus Bikin Menoleh"

Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-70 Humas Polri, Polda Jawa Timur menggelar festival mural di lapangan Tenis Indoor, Mapolda Jatim

Penulis: Luhur Pambudi | Editor: Samsul Arifin
TRIBUNMADURA.COM/LUHUR PAMBUDI
Saat Wakil Kepala Polda Jatim Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo mencoba mengguratkan garis dalam even Festival Mural, peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-70 Humas Polri, di lapangan Tenis Indoor, Mapolda Jatim, Sabtu (30/10/2021). 

TRIBUNMADURA.COM, SURABAYA - Wakil Kepala Polda Jatim Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo menegaskan, Polri tidak pernah menganggap risih keberadaan karya seni jalanan berupa mural di tengah masyarakat. Sekalipun, hasil seni tersebut bernuansa kritik.

Mengenai seni rupa berupa mural, Hadi memiliki tinjauan apresiasi seni tersendiri. Bahwa seni, apapun produknya, harus mampu menyita perhatian segenap mata masyarakat untuk menikmatinya.

Ketika masyarakat mampu memaksa untuk melihatnya, lantas menikmatinya. Maka itulah keberhasilan dalam penciptaan karya seni; Mural.

"Artinya, apa yang dibuat coret-coretan gambar harus membuat kita melihat," katanya pada awak media di Mapolda Jatim, Sabtu (30/10/2021).

Oleh karena itu, Hadi mengatakan, agar proses pembuatan seni harus bermuatan kesan dan pesan, agar membuat orang lain melihat.

Baca juga: Kriminolog Universitas Trunojoyo dalam Peringatan HUT Humas Polri ke-70 Permudah Masyarakat

Agar, sebuah pesan yang tersublim dalam guratan-guratan garis yang membentuk pola gambar itu, dapat ditangkap, dipahami, lantas dimaknai secara utuh.

"Sehingga pesan yang ingin disampaikan, maupun kritikan yang disampaikan betul-betul bisa tersampaikan," katanya.

Mengingat, begitu gamblangnya tinjauan apresiasi seni yang menjadi perspektif Polri dalam memandang fenomena karya seni jalanan; mural, sebagai media penyampaian kritik dan masukan.

Tak pelak, dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-70 Humas Polri, Polda Jawa Timur menggelar festival mural di lapangan Tenis Indoor, Mapolda Jatim, Sabtu (30/10/2021).

Bertajuk, Bhayangkara Mural Festival 2021, merebutkan piala Kapolri. Pagelaran festival mural tersebut juga diikuti oleh 34 Polda se-Indonesia.

"Ini adalah wadah karya seni yang perlu dimanfaatkan agar rekan-rekan yang mempunyai jiwa seni untuk bisa memberikan tempat dan ruang dalam menyampaikan aspirasi," pungkasnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved