Breaking News:

Hentikan Kebiasaan Menahan Kencing, Bisa Timbulkan Banyak Penyakit yang Bikin Menderita

Kebiasaan ini ternyata berakibat buruk pada kesehatan tubuh. Memang keinginan menahan buang air kecil selalu ada di setiap waktu sibuk.

Editor: Aqwamit Torik
shutterstock
Ilustrasi toilet umum 

TRIBUNMADURA.COM - Sebaiknya hentikan kebiasaan menahan kencing dalam keadaan apapun .

Sebab, kebiasaan ini ternyata berakibat buruk pada kesehatan tubuh.

Memang keinginan menahan buang air kecil selalu ada di setiap waktu sibuk.

Tapi kebiasaan ini berdampak buruk pada kandung kemih.

Melansir dari Medical News Today, menunda pergi ke kamar mandi secara teratur tidak dianjurkan. Pada orang dewasa yang sehat, sesekali menahan kencing tidak akan menimbulkan masalah, tetapi mungkin ada beberapa efek yang tidak diinginkan jika menjadi kebiasaan.

Ketika kandung kemih terisi sekitar setengahnya dengan cairan, ia mengirimkan sinyal ke otak bahwa sudah waktunya untuk buang air kecil.

Baca juga: 4 Binatang yang Dilarang Allah SWT untuk Dibunuh, Ini Penjelasan Rasulullah SAW dalam Hadist

Otak menciptakan keinginan untuk buang air kecil sambil menyuruh kandung kemih untuk menahan. Tidak ada aturan keras tentang bagaimana dan kapan aman menahan buang air kecil.

Beberapa orang mungkin lebih rentan terhadap efek samping daripada yang lain. Di bawah ini, kami melihat lima kemungkinan efek samping karena terlalu sering menahan kencing.

1. Sakit

Orang yang secara teratur mengabaikan keinginan untuk buang air kecil mungkin merasakan sakit di kandung kemih atau ginjal. Ketika seseorang akhirnya mencapai kamar mandi, buang air kecil juga bisa terasa sakit.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved