Breaking News:

Berita Sumenep

Pemkab Sumenep Gelar Pemungutan Suara Ulang di Desa Batu Ampar, Ini Sebabnya

Desa Batu Ampar, Kecamatan Guluk-guluk, Kabupaten Sumenep sebelumnya tahapannya sempat ditunda dan dinyatakan gagal karena tidak memenuhi syarat

Penulis: Ali Hafidz Syahbana | Editor: Samsul Arifin
TRIBUNMADURA.COM/ALI HAFIDZ SYAHBANA
Kepala DPMD Sumenep, Moh Ramlu saat memberikan penjelasan, Rabu (8/12/2021). 

Laporan Wartawan TribunMadura.com, Ali Hafidz Syahbana

TRIBUNMADURA.COM, SUMENEP - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep akan menggelar pemungutan suara ulang Desa Batu Ampar, Kecamatan Guluk-Guluk besok, Kamis (9/12/2021).

Meskipun sebelumnya, Pilkades serentak 2021 di Kabupaten Sumenep telah selesai digelar pada tanggal 25 November 2021 lalu.

Desa Batu Ampar, Kecamatan Guluk-guluk, Kabupaten Sumenep sebelumnya tahapannya sempat ditunda dan dinyatakan gagal karena tidak memenuhi syarat dan ketentuan proses hukum pada tanggal 16/9/2021 lalu.

Dikonfirmasi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumenep, Moh. Ramli mengatakan, berdasarkan proses hukum dari Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Surabaya memerintahkan untuk mencabut Surat Keputusan (SK) Bupati Sumenep tentang penundaan Pilkades di Desa Batu Ampar, Kecamatan Guluk-guluk tersebut.

"Untuk Desa Batu Ampar, setelah SK Bupati itu dicabut, artinya pilkades Batu Ampar untuk digelar dan dilaksanakan kembali," kata Moh. Ramli saat ditenui TribunMadura.com, Rabu (8/12/2021).

Atas proses hukum yang ada katanya, Bupati Sumenep langsung menunjukkan kepatuhannya dengan membuat suatu keputusan atas pencabutan SK penundaan itu.

"Maka tentunya kepada panitia pelaksana dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Batu Ampar, untuk segera melaksanakan tahapan pilkades," katanya.

Namun kata Moh. Ramli, poin penting pada amanat Bupati Sumenep lanjutnya, yakni pemungutan suara Pilkades Batu Ampar ditetapkan pada hari Kamis, tanggal 9 Desember 2021.

Baca juga: Saksi Cakades di Kecamatan Rubaru Dilaporkan ke Polisi Setelah Diduga Palsukan Dokumen

"Akan dilaksanakan pada hari Kamis, 9 Desember 2021," katanya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved