Breaking News:

Berita Surabaya

Aksi Pria Buang Sesajen di Semeru Tuai Kecaman, Polda Jatim Tunggu Iktikad Baik Pelaku Serahkan Diri

Aksi seseorang pria membuang dan menendang sesajen di lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, mengundang kecaman.

TribunMadura.com/Luhur Pambudi
Polda Jatim tunggu iktikad baik pelaku penendang sesajen di lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru, yang ingin menyerahkan diri. 

TRIBUNMADURA.COM, SURABAYA - Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Gatot Repli Handoko mengatakan, pihaknya tetap terbuka akan iktikad baik pelaku penendang sesajen di lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru, yang ingin menyerahkan diri.

Bagi Kombes Pol Gatot Repli Handoko, cara tersebut lebih elok ditunjukkan sebagai warga negara yang sedang bersangkutan dengan sebuah perkara hukum.

Menyerahkan diri, diartikan Kombes Pol Gatot Repli Handoko, sebagai bentuk tanggung jawab sebagai seorang warga negara akan tindak tanduk yang terlanjur diperbuat dan disadari atau tidak telah menimbulkan polemik di tengah masyarakat.

"Itu wujud sebagai warga negara yang baik, dia harus mau mempertanggungjawabkan apa yang dilakukan dan mau mengklarifikasi di tempat kami, supaya ini bisa selesai," kata Kombes Pol Gatot Repli Handoko saat ditemui di ruangannya, Kamis (13/1/2022).

Gatot berharap, nilai-nilai kebaikan sebagai warga negara dengan beragam suku, agama dan ras, dapat senantiasa terjaga.

Baca juga: Gubernur Khofifah Sesalkan Aksi Pria Tendang Sesajen di Semeru: Jangan Cederai Adat Istiadat Lokal

"Karena harapan kami toleransi yan sudah baik di wilayah Jatim khususnya Lumajang harus dijaga dengan baik," katanya.

Terkait upaya pengejaran si pria dalam video tersebut, ia menambahkan, Polda Jatim juga telah berkoordinasi dengan pihak Polda Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Hal itu dilakukan guna menelusuri kebenaran profil pria tersebut, sebagai upaya untuk mendeteksi sekaligus pengejaran pelaku.

"Tujuan untuk mempercepat pencarian yang bersangkutan. Kalaupun tadi sudah sampaikan, kalau memang ternyata ada informasi yang bersangkutan menyerahkan diri kita sambut baik. Itu kita akan melaksanakan proses dengan baik dan lancar," pungkasnya.

Sekadar diketahui, erupsi Gunung Semeru awal Desember 2021 lalu memang mengundang beberapa kejadian beragam yang viral di dunia maya.

Terbaru, sejak Minggu (9/1/2022), viral video yang merekam aksi seseorang pria membuang dan menendang sesajen di lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang.

Diketahui, sesajen yang dibuang itu terjadi di Dusun Sumbersari, Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, 

Lokasinya ada di dua titik, yaitu pura dan sungai yang berhulu dari Gunung Semeru.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved