Kecelakan Lalu Lintas

Penjaga Palang Pintu Perlintasan Diduga Lalai, Kereta Api Hantam Truk di Lamongan, Rusak Parah

Celakanya, berselang kurang 1 menit setelah palang pintu dibuka, petugas lintasan palang pintu KA mendengar bunyi sirine tanda adanya kereta api lewat

Penulis: Hanif Manshuri | Editor: Samsul Arifin
TRIBUNMADURA.COM/HANIF MANSURI
Truk nahas terseret KA Barang namun pengemudi dan penumpang selamat di perlintasan KA barat Terminal Lamongan, Rabu (9/3/2022) 

TRIBUNMADURA.COM, LAMONGAN - Diduga karena kelalaian penjaga palang pintu di perlintasan KA 317  barat Terminal Lamongan mengakibatkan terjadinya kecelakaan, Rabu (9/3/2022).

Truck diesel nopol K 8438 Y terserepet hingga terseret sejauh 10 meter diantara double track. 

Meski truk nahas mengalami kerusakan cukup parah, sang pengemudi dan seorang kernet hanya mengalami luka ringan, lecet di beberapa bagian badannya.

Data yang didapat Surya.co.id di TKP menunjukkan, kejadiannya bermula, saat dari arah timur ke barat melintas KA Barang No.Log 2501 dengan kondisi palang pintu tertutup.

Usai KA barang itu melintas, palang pintu dibuka kembali  oleh penjaga palang pintu.  Arus lalin kembali normal.

Celakanya, berselang kurang 1 menit setelah palang pintu dibuka,  petugas lintasan palang pintu KA mendengar bunyi sirine tanda adanya kereta api lewat.

Benar, dari arah barat ke timur melintas Kereta Api KRD nomor KA 396 nomor Log, KRD  LOG CC 2039814 dengan  Masinis Muhammad Mualim dan Asisten Masinis Lustiono.

Baca juga: Bak Truk Tronton Rusak, Limbah Mi Instan Berceceran di Lamongan Sebabkan Licin, Ancam Pengguna Jalan

Petugas palang pintu, Febri Handono (31) dan Muhammad Mariyono (39) belum sempat menutup palang pintu, bersamaan itu dari arah timur melaju Truck colt diesel Box nopol S 9829 NF yang dikemudikan Imam Subeki, dan dari arah barat melaju Truck Colt Diesel nopol  K 8438 Y yang dikemudikan M. Bachtiar Novendi dengan penumpang Rofifin.

Karena lalainya petugas palang pintu menutup lintasan Kereta,  terjadilah  tabrakan. Truk yang dikemudikan Bachtiar tertabrak dan terseret.

Akibat benturan yang begitu keras, bagian kanan  Lokomotif KRD mengalami rusak berat. Sementara truk yang dikemudikan M. Bachtiar Novendi terseret dengan posisi truk di utara rel KA.

Untungnya sang masinis berhasil menghentikan KA, meski tak jauh dari Stasiun Lamongan.  KA berhenti radius 100 meter dari perlintasan KA berpalang pintu. 

Dan tepat ekor KA tak sampai melintang di perlintasan.  Truk yang dikemudikan Bachtiar kaca depan pecah, dan kabin kanan ringsek.

Kejadian ini sempat membuat jalan nasional, tepatnya dari Kaliotik hingga Plalangan macet.

Dan arus Lalin kembali normal setelah pecahan - pecahan kaca serta pintu loko yang terlepas dievakuasi.

Kasi Gakkum Sat Lantas Polres Lamongan, Iptu Anang P dikonfiramsi Surya.co.id, membenarkan peristiwa kecelakaan tersebut.

Kini petugas sedang memintai keterangan para saksi, diantaranya dua  petugas palang pintu, pengemudi truck diesel M. Bachtiar Novendi, pengemudi truk  S 9829 NF, Imam Subeki.

Pihaknya juga sedang memintai keterangan Masinis KRD Ekonomi  nomor KA 396 nomor Log KRD  LOG CC 2039814, Muhammad Mualim dan asistennya, Lustiono.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved