Kesehatan

Kerja Terlalu Banyak Duduk, Jangan Abaikan Nyeri yang Timbul, ini Tips Stretching di Kantor

Bagi pekerja yang banyak menghabiskan waktu untuk duduk dan mengetik di komputer, menurut Hendry yang biasanya timbul adalah nyeri di bahu dan belakan

Kerja Terlalu Banyak Duduk, Jangan Abaikan Nyeri yang Timbul, ini Tips Stretching di Kantor
TRIBUNMADURA.COM/HEFTYS SUUD
dr Hendry Ricardo H, Sp Ot mencontohkan gerakan mendorong kepala untuk meregangkan nyeri bahu saat bekerja, bertempat di Hotel Singgasana, Rabu (20/2/2019). 

TRIBUNMADURA.COM, SURABAYA - Dr Hendry Ricardo dari Rumah Sakit Ortopedhi menyampaikan, merasa nyeri saat sedang bekerja, sebaiknya jangan diabaikan.

Bagi pekerja yang banyak menghabiskan waktu untuk duduk dan mengetik di komputer, menurut Hendry yang biasanya timbul adalah nyeri di bahu dan belakang pantat.

Ketika nyeri dibagian tersebut datang, dr Hendry menyarankan untuk segeralah melakukan stretching atau peregangan. Caranya sederhana dan bisa dilakukan di tempat kerja.

Pesta Miras Oplosan Dicampur Alkohol untuk Luka Bareng 3 Cowok, Bocah Perempuan ini Kritis dan Viral

KPU Kabupaten Sumenep Libatkan 160 Pekerja Sortir Surat Suara Pemilu 2019

Gus Sholah Akan Pastikan Dukungan di Pilpres 2019, Namun Melalui Pertimbangan ini

"Karena ini konteksnya dalan keadaan bekerja ya, masih ada di kantor, jadi peregangannya bisa dilakukan dengan cara-cara yang sederhana dan ringan," ujar Hendri.

Dijelaskannya, apabila nyeri di bagian bahu datang, lakukan gerakan menarik kepala dengan arah menyerong. Caranya, posisikan kepala menengok ke salah satu arah, contohnya arah kanan.

Selanjutnya, letakkan telapak tangan kanan di bagian belakang kepala, searah telinga kiri. Dalam posisi tersebut, dorong kepala ke dalam sesuai arah Anda menengok dan rasakan bagian belakang leher kiri sampai ke bahu seolah tertarik.

"Kalau arah tengokannya ke kiri, maka letakkan telapan tangan Anda di bagian belakang kepala, sejajar telinga kanan dan lakukan hal yang sama," Hendri menjelaskan.

Imbuhnya gerakan mendorong kepala itu, sebaiknya ditahan dalam hitungan lima detik. Lakukan dengan arah bergantian selama 60 detik untuk meredakan nyeri di bahu.

Kedua, apabila pekerjaan yang dilakukan lebih banyak duduk, menurut dr Hendry yang biasanya terjadi adalah piriformis sindrom. Hal tersebut terjadi ketika ketika otot piriformis di pantat mengalami nyeri pada saraf skiatik.

Untuk mengatasinya, dapat dilakukan dengan posisi duduk dan meletakkan salah satu kaki di atas paha kaki yang satunya. Hendry mencotohkan, posisikan punggung kaki Anda di atas paha kaki kiri.

Pencuri Motor di Surabaya Ditangkap Polisi, Curi Motor Tetangganya untuk Foya-Foya dan Narkoba

Bupati Pamekasan Baddrut Tamam Akui Siap Mendukung dan Bersinergi Dukung Program Pemprov Jatim

KPU Sumenep Temukan 500 Lembar Suara Pemilu DPRD Kabupaten Rusak dan Berlubang

Dalam posisi tersebut, dorong bagian pinggul ke arah depan, sehingga bagian dada akan mendekati punggung kaki Anda yang berada di atas paha kaki kiri.

"Untuk gerakan mendorong pinggul, nantinya yang akan terasa seolah tertarik adalah otot poriformis di area pantat. Lakukan bergantian, kaki kanan di atas, lalu kaki kiri di atas," tutur Hendry.

Ia pun menuturkan, apabila pekerjaan Anda terlalu banyak duduk, sebaginya jangan menggunakan kursi yang terlalu empuk.

"Untuk kursi, gunakan yang empuk tapi pas menopang badan Anda saat duduk. Jangan gunakan kursi terlalu empuk yang membuat posisi duduk Anda terlalu masuk ke dalam kursi," ugkapnya. (Heftys Suud)

Penulis: Heftys Suud
Editor: Aqwamit Torik
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved