Rumah Politik Jatim

Foto Lima Oknum PMII Gunakan Atribut Paslon Pilpres 2019 Tersebar di Whatsapp (WA) Tuai Polemik

Beredarnya sebuah foto di grup Whatsapp dan story Whatsapp, nampak lima pemuda sedang berfoto memakai kaos bergambar Calon Presiden dan Wakil Presiden

Penulis: Kuswanto Ferdian | Editor: Aqwamit Torik
istimewa
Oknum Pengurus PMII berfoto di Kantor PMII Cabang Pamekasan. 

Laporan Wartawan TribunMadura.com, Kuswanto Ferdian

TRIBUNMADURA.COM, PAMEKASAN - Beredarnya sebuah foto di grup Whatsapp dan story Whatsapp, nampak lima pemuda sedang berfoto memakai kaos bergambar Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf sembari berpose jempol menuai polemik.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Tribunmadura.com, foto kelima pemuda yang sedang berfoto memakai kaos bergambar Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf sembari berpose jempol tersebut merupakan kader PMII Cabang Pamekasan.

Kelima pemuda tersebut diketahui sedang berfoto di kantor Cabang PMII Pamekasan yang berada di Jalan Brawijaya.

Siapkan Diri Kalian, Perusahaan BUMN Buka 11.000 Lowongan Kerja, Ada Lowongan untuk Disabilitas Juga

Diimingi Uang, Seorang Kakek Cabuli Ponakan Usia di Bawah Umur di Rumah Pelaku Saat Sepi

Jangan Coba-Coba Parkir Sembarangan di Surabaya, Dendanya Setengah Juta Rupiah Per-Kendaraan

Saat ini foto kelima pemuda tersebut beredar di grup Whatsapp dan story Whatsapp sehingga menuai polemik.

Terlihat didalam foto tersebut, kelima pemuda yang diketahui merupakan kader PMII Cabang Pamekasan memakai kaos berwarna putih bergambar Capres dan Cawapres nomor urut 01 Jokowi-Maruf. Mereka nampak kompak berfoto dengan mengangkat jempol tangan kanannya.

Beredarnya foto tersebut mendapat respon dari berbagai kader PMII. Satu di antaranya mantan pengurus PMII Cabang Pamekasan Hariyadi, pihaknya sangat menyayangkan beredarnya foto kader PMII Cabang Pamekasan tersebut yang berfoto memakai kaos bergambar Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf.

BMKG Juanda Memprediksi Musim Kemarau di Jawa Timur Akan Terjadi pada Akhir Bulan April

Kejari Pamekasan Sambangi Sekolah, Beri Sosialisasi dan Imbau Siswa Jauhi Kenakalan Remaja

Polda Jatim Tembak Mati Gembong Narkoba Saat di Bangkalan, Tak Hiraukan Tembakan Peringatan

Menurut Hariyadi, tempat yang digunakan berfoto tersebut diketahui di Kantor Cabang PMII Pamekasan yang berada di jalan Brawijaya Pamekasan.

Hariyadi mengatakan, jika secara personal mendukung salah satu paslon calon presiden, seharusnya tidak menggunakan kantor PMII Pamekasan sebagai tempat kampanye atau berfoto.

“Saya sangat menyayangkan beredarnya foto tersebut, karena sebagian oknum pengurus sudah menodai kesakralan kantor PMII Pamekasan yang dibangun dengan peluh keringat para kader PMII,” katanya.

Hariyadi melanjutkan, PMII sebagai organisasi kemahasiswaan mempunyai identitas independen di dalam kontestasi pemilu.

Sebab, hal tersebut sudah diatur dalam AD-ART organsisasi yang termaktub dalam bab III pasal 3 yang berbunyi 'PMII bersifat keagamaan, kemahasiswaan, kebangsaan, kemasyarakatan, independen dan profesional'.

“Foto tersebut sudah jelas-jelas melanggar kode etik AD-ART organsisasi. Kalau perlu harus ada teguran dari majlis pembina PMII (Mabincab),” terangnya.

Hal yang senada disampaikan oleh Lutfiadi Kader PMII IAIN Madura, pihaknya mengatakan merasa sakit hati ketika melihat kantor PMII Pamekasan dijadikan sebagai tempat foto yang memperlihatkan kader PMII sendiri sedang berfoto memakai kaos bergambar Calon Presiden dan Wakil Presideng nomor urut 01 Jokowi-Maruf.

Pemilu 2019, KPU Kota Blitar Rekrut 3.339 Petugas KPPS di TPS, Berikut Syarat-Syarat Mendaftarnya

Pemasangan APK Langgar Aturan, Bawaslu Akan Peringati Timses Jokowi-Maruf

Sejumlah APK Terikat di Antara Tiang Listrik dan Pohon di Pinggiran Jalan KH Wahid Hasyim Sampang

“PMII adalah tempat proses saya. Tetapi setelah melihat foto tersebut yang ternyata foto kader PMII sendiri yang sedang berfoto di kantor cabang PMII Pamekasan sembari memakai kaos bergambar salah satu Paslon Capres rasanya sakit,” keluhnya.

Dihubungi secara terpisah, Ketua Cabang PMII Pamekasan, Lian Fawahan membenarkan foto yang beredar tersebut merupakan pengurus baru PMII Cabang Pamekasan.

"Iya betul mas, tapi saya sudah tegur mereka terkait foto. Biasa masih pengurus baru," ujar Lian kepada Tribunmadura.com mengakhiri, Senin (11/3/2019).

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved