Pemilu 2019

KPU Pamekasan Jawab Somasi Partai Gerindra Terkait Pembukaan Kotak Suara: Memang Ada Perubahan Suara

KPU Pamekasan Jawab Somasi Partai Gerindra Terkait Pembukaan Kotak Suara: Memang Ada Perubahan Suara.

KPU Pamekasan Jawab Somasi Partai Gerindra Terkait Pembukaan Kotak Suara: Memang Ada Perubahan Suara
TRIBUNMADURA.COM/KUSWANTO FERDIAN
Suasana saat kotak suara pemilu 2019 dibuka di Gudang Logistik KPU Pamekasan. Kini, setelah disomasi, KPU Pamekasan Menjawab Somasi Partai Gerindra Terkait Pembukaan Kotak Suara: Memang Ada Perubahan Suara. 

Laporan Wartawan TribunMadura.com, Kuswanto Ferdian

TRIBUNMADURA.COM, PAMEKASAN - Komisioner KPU Pamekasan akhirnya angkat bicara menyikapi somasi DPC Partai Gerindra Pamekasan ke KPU Pamekasan terkait tindakan KPU Pamekasan yang telah melakukan pembukaan kotak suara untuk penyesuaian perolehan suara dari salah satu caleg DPR RI dari Partai Nasdem, pada Sabtu (22/6/2019) tanpa ada pemberitahuan dan tidak mengundang perwakilan dari partai politik.

Komisioner KPU Pamekasan Divisi Parmas dan SDM, Fathor Rahman mengatakan, KPU Pamekasan tidak mengundang perwakilan dari partai politik karena dalam putusan Bawaslu dan KPU RI memang tidak ada perintah untuk melibatkan partai politik dalam pembukaan kotak suara terkait perbaikan DA1 tersebut.

"Kalau sesuai keputusan surat edaran dari KPU RI itu untuk membuka kotak surat suara tersebut hanya cukup diawasi Bawaslu saja," katanya, saat ditemui TribunMadura.com di ruang kerjanya, Senin (24/6/2019).

Pembukaan Kotak Suara Tak Undang Perwakilan Peserta Pemilu, DPC Gerindra Keluarkan Surat Somasi

Kuasa Hukum Akui Henry Basis Boomerang Cukup Lama Konsumsi Ganja, Beber Perilaku dan Motif Kliennya

Setelah 2015 Absen, Gerindra Tak Mau Lagi Jadi Penonton di Pilkada Surabaya 2020: Tunggu Hasil MK

Menurut Fathor Rahman, pembukaan kotak suara dan penyesuaian perbaikan DA1 itu dilakukan di ruang pertemuan KPU Pamekasam.

Ketika mengambil kotak suara di Gudang Logistik KPU Pamekasan yang berada di Jalan Raya Pintu Gerbang diawasi langsung dari pihak kepolisian hingga kotak suara tersebut sampai di ruang pertemuan Kantor KPU Pamekasan.

"Tak hanya dari Kepolisian, tapi juga diawasi oleh perwakilan dari KPU Pamekasan dan Bawaslu Kabupaten," jelasnya.

Pihaknya hanya melakukan penyesuaian formulir DA1 dari salah satu caleg DPR RI khususnya dari partai Nasdem dengan formulir perolehan suara DPR RI Plano yang ada di dalam kotak suara.

"Perkara ada perubahan suara, kita kan hanya disuruh menyesuaikan saja. Saat disesuaikan itu memang ada perubahan suara. Kira-kira bergesarnya sampai ribuan," bebernya.

Fathor Rahman mengaku, yang diundang pada saat pembukaan kotak surat suara tersebut di antaranya Bawaslu dan Perwakilan dari DPD Partai Nasdem.

Putusan Sengketa Hasil Pilpres 2019 Dibacakan 28 Juni, Begini Janji Mulia Ketua MK Anwar Usman

Bukan Ahli IT dari Unair, Inilah Profil Lengkap Saksi Ahli Prabowo-Sandi di MK Soegianto Soelistiono

Klaim Suara Gerindra Banyak Hilang di Madura, Ini Strategi Pamungkas Partai Prabowo Mengembalikannya

"Ini kan permasalahnnya hanya internal partai Nasdem saja yang dituntutkan. Kita gak mengotak-ngatik partai yang lain. Makanya kita gak mengundang partai lain dalam pembukaan DA1 itu," jelasnya.

"Kalau untuk Partai Nasdem memang kita undang dalam pembukaan kotak suara itu. Karena dari internal partainya itu kan yang punya permasalahan. Untuk yang partai Nasdem kami undang atas inisiatif kami sendiri. Ya supaya ada keterbukaan dalam tahapan penyelenggara pemilu. Ya kita hanya melibatkan Partai Nasdem saja," ucapnya.

Saat ingin melakukan penyesuaian DA1 dengan Plano, kata Fathor Rahman dari DPD Partai Nasdem juga menghadirkan saksi.

"Sebenarnya kalau kami tidak mau melibatkan Partai Nasdem dalam penyesuaian DA1 dengan Plano itu ya tidak ada persoalan. Karena sebetulnya kita kan sudah dapat surat edaran yang jelas dari KPU RI bahwa tidak apa-apa meski tidak melibatkan atau mengundang Partai Politik," tegas Fathor Rahman.

Suhu Dingin di Jawa Timur Ternyata Disebabkan Udara dari Australia, Warga Harus Waspada Soal Hal ini

Juara Umum Kontes Robot Indonesia (KRI) 2019, ITS Surabaya Langsung Bidik Robocup 2019 di Australia

PENDAFTARAN CPNS 2019 dan PPPK 2019, Cek Formasi, Login Melalui Link Resmi sscasn.bkn.go.id

7 Warga Lamongan Korban Laka Maut Toyota Avanza Vs Bus Rosalia Indah Dimakamkan di Satu Liang Lahat

Penulis: Kuswanto Ferdian
Editor: Mujib Anwar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved