Breaking News:

Berita Bangkalan

Nadiem Makarim Ganti UN dengan Asesmen Kompetensi, Kadisdik Bangkalan: Guru Dituntut Lebih Rajin

Ia menjelaskan, pergantian sistem UN yang diusung Menteri Pendidikan Nadiem Makarim akan merubah sistem pembelajaran yang diterapkan guru

TRIBUNMADURA.COM/KUSWANTO FERDIAN
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bangkalan Bambang Budi Mustika 

TRIBUNMADURA.COM, BANGKALAN - Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bangkalan Bambang Budi Mustika mendukung sepenuhnya program Mendikbud Nadiem Makarim yang akan mengganti sistem Ujian Nasional (UN) dengan assesmen kompetensi pada 2021.

Bukan tanpa alasan.

Bambang menilai tidak ada perubahan signifikan terhadap dunia pendidikan nasional sejak masa revolusi industri 3.0 hingga saat ini yang dikenal dengan era revolusi industri 4.0 atau internet of thing.

"Era revolusi industri 3.0 dengan mesik ketik ke komputer dan dilanjutkan ke internet pada era revolusi industri 4.0 saat ini, (dunia pendidikan) begini-begini saja," ungkap Bambang, Selasa (17/12/2019).

Ia menjelaskan, pergantian sistem UN yang diusung Menteri Pendidikan Nadiem Makarim akan merubah sistem pembelajaran yang diterapkan guru terhadap siswa.

"Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional memang mengamanahkan ujian sekolah dipasrahkan ke pihak sekolah. Bukan kepada pemerintah," jelasnya.

Bambang memaparkan, ada tiga sistem penilaian yang akan dijadikan parameter untuk menentukan kelulusan siswa dalam perubaham sistem UN menjadi asesmen kompetensi.

Pertama, melalui literasi dengan pemahaman terhadap bahasa dan tulis.

Kedua, melalui numerik dengan pemahaman terhadap ilmu berhitung.

Ketiga melalui pendidikan karakter.

Halaman
12
Penulis: Ahmad Faisol
Editor: Aqwamit Torik
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved